Home Hukum Kecelakaan Karambol, Sopir Mabuk Jebol Palang Tol, Serobot Lampu Merah, Remuk Dua Mobil dan Motor, Satu Tewas

Kecelakaan Karambol, Sopir Mabuk Jebol Palang Tol, Serobot Lampu Merah, Remuk Dua Mobil dan Motor, Satu Tewas

Karanganyar, Gatra.com- Aksi ugal-ugalan pengemudi mobil menyebabkan satu nyawa melayang. Sopir yang diduga mabuk miras menerjang kendaraan lain secara membabi buta di Jl Raya Solo-Sragen tepatnya di sebelah selatan simpang empat Kebakkramat, Karanganyar, Jateng pada Rabu petang (29/11).

Saat ini, pengemudi mobil Isuzu Elf bernopol H 7266 AA, Agus Sumanto, 36 tahun, asal Kabupaten Blora ditahan polisi. Ia nyaris dihajar massa yang geram ulahnya.

Agus sudah bermasalah sejak di exit tol Ngemplak, lantaran mobilnya menabrak mobil Suzuki APV Nopol B 1081 UQA. Saat itu ia sempat berhenti dan menyerahkan STNK ke pengemudi mobil Suzuki APV.

Kemudian pengemudi Elf langsung tancap gas kabur ke gerbang tol Ngemplak. Tak hanya itu, sesampai di KM 507, mobil Elf menyerempet Suzuki Ertiga Nopol B 1254 TIG yang dikemudikan atas nama Ganda Nugroho.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Aliet Alphard mengatakan mobil Isuzu Elf yang kabur dari pemilik Ertiga lantas menggeber kendaraannya menyusuri jalur tol menuju Exit Tol Karanganyar di Kebakkramat. Aksi ugal-ugalan pengemudi ELF ini juga menggasak palang pintu exit tol sampai jebol.

Ia pun dikejar mobil patroli JSN. Keluar dari exit tol, mobil ELF kemudian belok kiri dan putar balik. Mobil itu kembali tancap gas menuju simpang empat Kebakkramat. Di sana berhenti mobil dan motor tercegat lampu merah. Bukannya berhenti, mobil ELF justru menerobosnya.

Disanalah terjadi lakalantas karambol. Mobil itu berhenti setelah menabrak kios tepi jalan kemudian terguling. Waktu kejadian pukul 18.00 WIB.

"Laka karambol ini melibatkan mobil Isuzu Elf, mobil Toyota Innova Nopol AE-1741-JY, Honda Brio nopol H-1174-CX dan dua sepeda motor Honda Beat AD-3408-AOB, Honda Vario Nopol AD-2553-BAE," kata Kasatlantas.

Mobil Innova yang ditabraknya sampai nangkring ke atas median jalan. Pengendara sepeda motor mengalami luka dan dilarikan ke RSUD dr Moewardi. Namun nahas pengemudi motor Honda Beat bernama Budiyanto, 33 tahun, warga Sukoharjo meninggal dunia saat dalam perawatan di rumah sakit. Saat kejadian, korban tengah pulang bekerja dari sebuah pabrik di Kebakkramat.

Kasatlantas mengatakan total enam kendaraan terlibat dalam kecelakaan itu. Yakni satu mobil di exit tol Klodran, 1 Mobil dalam tol KM 507, dua mobil dan dua motor di Kebakkramat. Saat ini pengemudi Elf sudah ditahan di Mapolres Karanganyar.

"Kamis pagi tadi sudah digelar TAA (Traffic Accident Analysis) di lokasi kejadian, nantinya kita akan proses dan teliti rekaman video saat kejadian tersebut," kata Aliet.

Aliet mengatakan pihaknya belum menetapkan pengemudi mobil Isuzu Elf bernama Agus Sumanto (36) sebagai tersangka. Dia mengaku saat ini pihaknya masih fokus pada pemeriksaan TAA bersama Polda Jateng.

"Pengemudi belum ditetapkan tersangka masih dalam penyelidikan, dan belum bisa kita mintakan keterangan," ucap dia.

Dia mengatakan, dari hasil pemeriksaan, pengemudi negatif narkoba. Meskipun demikian, polisi masih menduga pengemudi mobil Isuzu Elf itu mengkonsumsi minuman keras sebelum mengemudikan mobilnya.

"Pengemudi diduga mengkonsumsi miras sebelum berkendara, karena mengemudi tidak wajar dan bau alkohol," kata dia.

233