Home Internasional Kementerian Kesehatan Hamas: Perang Gaza Menewaskan 15.523 Orang

Kementerian Kesehatan Hamas: Perang Gaza Menewaskan 15.523 Orang

Gaza, Gatra.com - Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan 15.523 orang telah tewas di Jalur Gaza sejak dimulainya perang dengan Israel hingga pada hari Minggu (3/12).

“Tujuh puluh persen warga Palestina yang tewas dalam perang antara Israel dan kelompok militan yang menguasai Gaza, adalah perempuan dan anak-anak. 41.316 orang terluka,” kata juru bicara kementerian Ashraf al-Qudra, dikutip AFP, Minggu (4/12).  

Israel telah menargetkan Gaza dengan kampanye udara dan darat sebagai tanggapan atas serangan militan Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan 240 orang disandera, menurut pihak berwenang Israel.

“Selama beberapa jam terakhir, hanya 316 orang tewas dan 664 orang terluka yang berhasil diangkat dari reruntuhan dan dibawa ke rumah sakit, namun banyak lainnya yang masih berada di bawah reruntuhan,” kata Al-Qudra.

Gencatan senjata selama seminggu, yang ditengahi Qatar dan didukung oleh Mesir dan Amerika Serikat, menghasilkan pembebasan 80 sandera Israel dengan imbalan 240 tahanan Palestina.

Namun jeda itu runtuh dan permusuhan kembali terjadi pada hari Jumat, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan karena melanggar ketentuan gencatan senjata.

124