Home Hukum Panglima TNI Sambangi Mabes Polri untuk Kunjungan Kehormatan

Panglima TNI Sambangi Mabes Polri untuk Kunjungan Kehormatan

Jakarta, Gatra.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan courtesy call atau kunjungan kehormatan ke Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan. Kegiatan dilakukan di ruang perjamuan Kapolri pukul 10.30 WIB.

Agus mengatakan kedatangannya merupakan agenda silaturahmi ke instansi-instansi setelah dilantik sebagai Panglima. Kapolri Jenderal Listyo salah satu yang bisa meluangkan waktu untuk menerima kedatangannya hari ini.

"Ada beberapa hal dibahas terutama sinergitas pemilu damai. Kita sudah buat deklarasi pemilu damai, patroli bersama babinsa dan bhabinkamtibmas sampai ke level polres dan polda, sama-sama sinergitas tujuannya agar pemilu 2024 lancar," kata Agus di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/12).

Kapolri Jenderal Listyo mengatakan kegiatan pertemuan dengan Panglima TNI dalam rangka untuk terus memperkuat sinergitas TNI-Polri. Terlebih, kata Kapolri, saat ini tengah ada berbagai macam tugas yang dihadapi. Salah satunya, terkait pengawalan agar pemilu perjalan aman, lancar, dan damai.

"Sehingga, itu beberapa hal kita bicarakan di tengah isu masalah ketidaknetralan, namun di sisi lain Polri bersama TNI harus turun di lapangan untuk memastikan yang namanya kegiatan tahapan pemilu, distribusinya, pelaksnaan kampanye sampai kegiatan di TPS, pengawalan rekap berjalan aman dan damai, di tengah perbedaan pendapat dan pilihan," tutur Kapolri.

Selain pemilu, Mantan Kabareskrim Polri ini juga mengaku sempat membahas terkait bencana banjir bersama Panglima TNI. Pasalnya, saat ini tengah memasuki musim hujan dan hujan ekstrem. TNI-Polri dipastikan hadir sebagai representasi negara.

"Kemudian tugas-tugas terkait situasi Papua. Jadi, PR kami bersamaan tugas lain yabgy terus kami jaga selain tugas pokok, mengawal berbagai macam program kegiatan," tutur Kapolri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (22/12). Dia menggantikan Laksamana Yudo Margono yang pensiun pada (26/12).

Agus merupakan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Agus dilantik menjadi KSAD pada (27/10). Dia menggantikan posisi yang ditinggalkan Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman yang pensiun.

63