Home Pemilu 2024 Debat Terakhir, Anies Janji Bakal Bentuk Kementerian Kebudayaan Jika Menang Pemilu 2024

Debat Terakhir, Anies Janji Bakal Bentuk Kementerian Kebudayaan Jika Menang Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1, Anies Baswedan berencana akan membentuk Kementerian Kebudayaan di Indonesia jika terpilih menjadi Presiden dalam Pemilinan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Capres dari koalisi Perubahan ini mengungkapkan bahwa kementerian tersebut yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara untuk diberikan kepada kalangan budayawan. Dengan begitu, budayawan di Indonesia dapat tumbuh berkembang dan membangun karya.

“Budaya itu harus dikembangkan sehingga terus-menerus berkembang dan itu kami melihat perlu dibentuk dan kami berencana Kementerian Kebudayaan,” kata Anies dalam debat putaran kelima Capres di JCC, Jakarta, Minggu (4/2).

Menurut Anies, pemerintah harus menciptakan ekosistem yang sehat sehingga para budayawan bisa bebas berekspresi. Budaya bukan hanya dirawat seakan-akan warisan masa lalu saja, namun juga harus dikembangkan.

“Kekayaan Indonesia adalah justru pada kebudayaannya dan kebudayaan itu bukan satu sektor pembangunan tapi justru seluruh kegiatan pembangunan ini tujuannya adalah membangun kebudayaan jadi tujuan dari seluruh sektor pembangunan membangun kebudayaan,” imbuhnya.

Diketahui, Debat Pilpres Kelima ini mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM dan inklusi. Acara debat ini merupakan yang terakhir dalam rangkaian Debat Pilpres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

38