Home Regional Ngantor di Desa, Bupati Tabanan Janji Tingkatkan Potensi Alam Desa Gunung Salak

Ngantor di Desa, Bupati Tabanan Janji Tingkatkan Potensi Alam Desa Gunung Salak

Tabanan, Gatra.com - Komitmen pemerintah daerah Kabupaten Tabanan untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mendengar aspirasi secara langsung di setiap sudut Desa terus digencarkan melalui program unggulan Bungan Desa (Bupati Ngantor di Desa).

Dalam kunjungan Bungan Desa ke-44, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menunjukkan pesona dan potensi alam Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur. Sebagaimana diketahui bahwa Desa Gunung Salak yang terletak di bagian Barat Kabupaten Tabanan dengan mayoritas masyarakatnya sebagai petani atau pekebun ini memiliki potensi alam yang luar biasa.

"Program Bungan Desa telah terbukti efektif karena Kami dapat melihat langsung potensi yang luar biasa dimiliki oleh Kabupaten Tabanan, seperti di sini. Sebagai Desa Agrowisata buah salak, buah wani, padi, jagung dan kedelai, terlebih lagi dengan sistem pemupukannya yang menggunakan pupuk organik serta pengendalian hama menggunakan predator alami," kata Sanjaya dalam keterangannya yang diterima pada Rabu (7/2).

"Kita bisa memulai dan mempraktikkan gaya hidup yang ramah lingkungan, mendukung kebijakan pelestarian alam dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem," lanjutnya.

Komitmen Bupati Sanjaya dalam meningkatkan potensi Desa Gunung salak juga tertuang dalam perhatiannya. Salah satunya meningkatkan kesehatan masyarakat dan menurunkan angka stunting.

"Melalui kegiatan posyandu, bina keluarga balita, pemeriksaan kesehatan, pembagian kacamata gratis dan konseling semara ratih bisa terlaksana optimal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum," jelas Sanjaya.

Ia juga menyambangi stand-stand pelayanan OPD kepada masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dengan permasalahan yang ada. menanyakan langsung keluhan masyarakat yang tengah dihadapi.

"Tujuan saya berkantor desa dengan program Bungan Desa adalah apa yang jadi harapan masyarakat bukan serta merta datang ke Kantor Bupati mengurus sesuatu, di era sekarang dengan berkantor di Desa, kita melayani langsung masyarakat. Terkait PBB, dari pagi OPD kita melayani masyarakat, ketika bicara kesehatan sudah ada pihak kami yang melayani sampai diberikan kacamata gratis," ucapnya.

"Dulu katanya perijinan dikatakan sulit, tapi sekarang kita datang langsung hari ini diurus dan langsung diberikan buat masyarakat yang kita cintai," tegasnya melanjutkan.

Ia menyebut, tanpa berkantor di desa, dirinya tidak akan mengetahui kondisi sesungguhnya di lapangan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh OPD Kabupaten Tabanan untuk berkeliling ke desa-desa.

"Rangkum semua program pembangunan di desa, sehingga kita bisa tahu bagaimana mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani bisa cepat kita laksanakan di Kabupaten Tabanan," harap Sanjaya.

35