Home Pemilu 2024 Suara Menyusut, Caleg Pertanyakan Real Count Sirekap

Suara Menyusut, Caleg Pertanyakan Real Count Sirekap

Semarang, Gatra.com - Sejumlah calon anggota legislatif (Caleg) mempertanyakan keseriusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hitungan suara versi Sirekap.

Sebab, angka yang masuk kadang naik, kadang turun. Bahkan, data yang ditampilkan KPU pada laman pemilu2024.kpu.go.id benar-benar kacau. Sebab tak sedikit Caleg yang mengalami penyusutan jumlah perolehan suara.

Baca Juga: Peneliti Pusat Studi Demokrasi Sinyalir Penggelembungan Suara di Sirekap

Di daerah pemilihan (Dapil) 2 Jawa Tengah, Abdul Aziz yang merupakan salah satu Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mempertanyakan jumlah perolehan suaranya.

Dia menyebut, pada Sabtu (17/2) pukul 19.30, suaranya dalam Sirekap sebesar 5.112. Namun setelah mengecek lagi pada Senin (19/2) pukul 10.00, suaranya menyusut menjadi 3.699.

Data Sirekap Abdul Aziz yang mengalami penyusutan. (IST)

Bar limangewu kok yo malah mudun drastis (Setelah lima ribu kok malah turun drastis),” ungkap Aziz, Selasa (20/2).

Aziz mengatakan fenomena seperti ini tidak hanya menimpa dirinya. Beberapa Caleg juga mengalami hal serupa. “Banyak banget kasus serupa yang menimpa temen-temen caleg. KPU ini bagaimana?” tanyanya.

Di Jakarta, penyusutan jumlah perolehan suara para caleg juga dialami sejumlah caleg. Salah satunya Caleg DPR RI Masinton Pasaribu.

149