Home BUMN Jadi Inspirasi Pengembangan Bisnis Beyond kWh, PLN Icon Plus Warnai MWC 2024

Jadi Inspirasi Pengembangan Bisnis Beyond kWh, PLN Icon Plus Warnai MWC 2024

Barcelona, Gatra.com- Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi turut hadir sebagai pembicara pada event MWC Mobile World Congres yang digelar di Barcelona tanggal 26-29 Februari 2024. Ini bukan  sekedar perhelatan mobile dan Telco Technology tapi  ajang  inovasi kelas dunia  dalam pengembangan future technology.

Dalam perhelatan bergengsi tersebut, Ari Rahmat mewakili Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, di sesi Huawei Industrial Intelligent Transformation Summit 2024. Iat mengangkat topik transformasi digital di tubuh PLN, serta kontribusi PLN Icon Plus sebagai pemeran utama dalam proses transformasi digital PLN yang terintegrasi dan terus berkelanjutan.

​​​​​​Baca juga: Tingkatkan Keandalan Jaringan, PLN Icon Plus Lakukan Penertiban, Improvement, dan Simplifikasi Kabel

“Digitalisasi adalah jantung dari transformasi PLN,” ujar Ari mengawali presentasinya, “dan PLN Icon Plus telah berhasil membantu PLN bertransformasi secara menyeluruh dengan membangun end to end digitalization serta proses bisnis yang terintegrasi,” lanjutnya dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3).

Ari menjelaskan, digitalisasi end to end meliputi seluruh proses bisnis PLN, mulai dari lini pembangkitan, transmisi, distribusi, retail, sistem keuangan, procurement, sistem pembayaran, hingga pelayanan kepada pelanggan. Transformasi digital telah menjadikan sistem operasional PLN jauh lebih kokoh.

Sebagai Sub Holding Beyond kWh PLN Icon Plus mengoptimalkan serta meningkatkan value  dari setiap aset milik PLN, salah satunya di bisnis internet broadband. Dalam perhelatan MWC 2024 jumlah pelanggan ICONNET internet broadband milik PLN Icon Plus FTTH tumbuh melesat lebih dari dua kali lipat dibanding saat ajang MWC 2023, serta memiliki take up rate (TUR) tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Dirut PLN Icon Plus Gelar Grebek Cluster Iconnet

Hal ini antara lain merupakan hasil kolaborasi dengan Huawei dalam bentuk join innovation pengembangan  FTTH yang inovatif. “PLN Icon Plus terus melakukan value creation untuk membangun bisnis berbasis digital," jelasnya.

Bukan hanya yang terkait layanan solusi digital, tetapi menurut Ari Rahmat, pihaknya juga mengembangkan bisnis yang mendukung transisi energi. Diantaranya, ekosistem kendaraan listrik dan PV Rooftop, termasuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan lewat layanan Smart & Green solution, sebagai diferensiasi layanan serta value bagi pelanggan”, urai Ari.

Untuk mempercepat terciptanya nilai, PLN Icon Plus tanpa henti berinovasi, memonetisasi aset ketenagalistrikan, serta berkolaborasi dengan banyak pihak untuk terus membangun negeri  menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif dan menjamin kepercayaan pelanggan. "Kami yakin pengembangan bisnis Beyond kWh PLN Icon Plus akan mendukung The New PLN dalam menghadapi tantangan  digitalisasi dan transisi eenergi," ujar Ari menutup presentasi.

48