Home Nasional Kakorlantas Polri: Antisipasi Kemacetan di Rest Area saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Kakorlantas Polri: Antisipasi Kemacetan di Rest Area saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Jakarta, Gatra.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, memerintahkan anggotanya untuk mengantisipasi kemacetan di rest area jalan tol saat arus mudik dan balik Idulfitri 2024. Aan melihat selalu ada permasalahan di rest area setiap arus mudik dan balik.

"Rest area ini masih menjadi trouble spot, upaya kita hanya bisa mengelola kalau masuk dan keluar ataupun traffic-nya di dalam rest area. Karena kapasitasnya dalam dua tahun terakhir tidak pernah bertambah kapasitas rest area," kata Aan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Arus Mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Adapun rapat ini diikuti oleh para Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) polda jajaran. Aan meminta anggotannya menyiapkan berbagai solusi. Salah satunya dengan memetakan rekayasa lalu lintas.

"Jadi nanti tolong para Dirlantas yang mempunyai rest area silakan ikut bersama-sama pengelola rest area untuk menyusun rekayasa lalu lintas di rest area. Soalnya, ini masih menjadi trouble spot," ujar Aan.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri ini memandang upaya yang disiapkan tak serta merta dapat mengurai kemacetan di rest area. Maka itu, kata dia, perlu juga bekerja sama dengan para pemudik dalam mengurai kemacetan tersebut.

"Kita melakukan pengaturan, ini secara pengaturan pun secara teknis akan dijelaskan oleh para direktur. Karena sering kali pengaturan yang kita lakukan pun belum bisa memecahakan, belum bisa menjadi solusi untuk penanganan rest area," ucapnya.

Aan mengimbau pemudik untuk menaati jeda waktu istirahat yang telah ditentukan pengelola rest area. Ia menyebut tujuan pengaturan itu untuk mencegah penumpukan kendaraan pemudik.

"Sesuai dengan aturan itu minimal 30 menit. Kan itu istirahat aturannya. Jadi kita imbau kepada masyarakat, ya 30 menit cukup untuk istirahat di sana, kemudian bergantian dengan teman-teman yang lain," katanya.

55