Home Ekonomi Mendaagri Tito: THR ASN DKI Jakarta Paling Besar di Indonesia pada 2024

Mendaagri Tito: THR ASN DKI Jakarta Paling Besar di Indonesia pada 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di DKI Jakarta akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) yang paling besar dibanding daerah lain pada 2024. Menurunya, hal tersebut karena DKI Jakarta memiliki kapasitas fiskal yang cukup kuat.

“Karena standarnya sudah tinggi dan kemudian mereka memiliki kapastitas fiskal cukup kuat Rp80-an triliun dan PAD 73 persen,” kata Tito dalam Konferensi pers pemberian tunjangan hari raya dan gaji ke-13 tahun anggaran 2024 di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3).

Menurut Tito, karena kapasitas fiskal yang besar itu membuat DKI Jakarta hanya memerlukan bantuan sekitar 20% dari pemerintah pusat melalui transfer ke daerah (TKD).

“Apalagi untuk THR dan gaji ke-13-nya sudah akan dikirim dari DAU. DAU sudah memperhitungkan THR dan gaji ke-13 untuk semua darah. Tinggal yang TPP dan tunjangan lain, jadi saya kira DKI enggak terlalu sulit untuk melakukan perubahan anggaran,” imbuhnya.

Untuk diketahui, THR dan gaji ke-13 PNS akan dibagikan secara penuh atau sebesar 100%. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024 yang tandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (13/3).

Adapun pembayaran THR dilakakukan paling cepat 10 hari kerja sebelum Hari Raya Idulfitri, jika dibelum dibayarkan, dapat dibayarkan setelah hari raya. Sedangkan gaji ke-13 akan dibayarkan pada Juni 2024, jika belum dibayarkan, dapat dibayarkan setelah bulan Juni 2024.

74