Home Hukum PKPA Peradi Jakbar Dinilai Salah Satu PKPA Terbaik

PKPA Peradi Jakbar Dinilai Salah Satu PKPA Terbaik

Jakarta, Gatra.com – Wakil Ketua Alumni Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan IX DPC Peradi Jakarta Barat (Jakbar)-STIH IBLAM, Muhammad Akil Al-Waris, mengatakan, PKPA DPC Peradi Jakbar merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Muhammad Akil dalam acara penutupan PKPA Angkatan IX di DPC Peradi Jakbar, Minggu petang (24/3), menyampaikan, awalnya mendapatkan informasi bahwa PKPA yang digelar DPC Peradi Jakbar adalah salah satu yang terbaik di Peradi dan Republik ini.

“Kesan yang pertama, tentunya branding dari PKPA ini, DPC Peradi Jakarta Barat menyampaikan bahwa ini adalah salah satu PKPA yang terbaik di Indonesia. Saat baca itu waktu masih di Kota Makassar,” ujarnya.

Atas informasi tersebut, Muhammad Akil pun mendaftar untuk mengikuti PKPA di DPC Peradi Jakbar yang berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM Jakarta.

“Setelah sampai ke sini dan mengikuti pembekalan, ternyata betul bahwa penyelenggaraan PKPA ini adalah yang terbaik di Indonesia,” uacapnya menyampaikan kesan atas PKPA ini.

Menurutnya, ini merupakan salah satu PKPA terbaik karena menghadirkan para pemateri yang luar biasa guna membekali dan mencetak calon advokat andal, profesional, dan berintegritas.

“Terima kasih seluruh teman-teman dan panitia yang telah memberikan fasiltas-fasilitas terbaik, baik pemateri yang terbaik yang ada di Republik ini,” ujarnya.

Atas dasar itu, Muhammad Akil menegaskan, tidak ada alasan bagi para peserta atau alumni PKPA Angkatan IX ini tidak menjadi advokat yang progresif karena proses PKPA ini sangat luar biasa.

“Ini awal yang panjang kita membuka masa depan menjunjung hukum Republik Indonesia. Di tangan kita semua masa depan hukum akan dipertaruhkan, apakah itu akan semakin tajam ke bawah tumpul ke atas atau kembali ke semula, tajam ke atas tumpul ke bawah,” katanya.

Pada akhir sambutannya, Muhammad Akil menyitir pernyataan almarhum mantan Jaksa Agung dan begawan hukum Indonesian, Prof. Dr Baharuddin Lopa, yakni banyak orang yang bernani sejalan karena bersama teman-teman walaupun itu salah, I eranilah benar walaupun kamu sendirian.

“Fiat justitia ruat caelum, meskipun langit akan runtuh keadilan harus tetap ditegakkan,” teriak Muhammad Akil.

Pengurus DPC Peradi Jakbar, STIH IBLAM, dan perwakilan peserta PKPA angkatan IX berforo bersama. (GATRA/Iwan Sutiawan)

Ketua Panitia PKPA Angkatan IX DPC Peradi Jakbar-STIH IBLAM, Dr. Aladin Sirait, S.H., M.H., menyampaikan, pihaknya merasa tersanjung dengan pernyataan Muhammad Akil. Namun demikian, pihaknya terus melakukan perbaikan agar PKPA angkatan selanjutnya lebih baik lagi dalam mencetak calon advokat profesional, andal, dan berintegritas.

“Prinsip-prinsip continues improvment itu melakukan sesuatu yang baik pun harus kita perbaiki secara terus menerus,” katanya.

Aladin lebih lanjut menyampaikan, pihaknya terus berusaha keras untuk menjaga standar PKPA ini sesuai dengan kurikulum dari DPN Peradi. “Kita tidak menyimpang dari situ. Jadi harus sama kurikulumnya,” kata dia.

Ia mengungkapkan, PKPA yang digelar pihaknya bersama sejumlah perguruan tinggi atau sekolah tinggi terus mendapatkan apresiasi dari masyarakat, khususnya para calon advokat. “[Angkatan] tahun yang lalu kita ada 128 orang peserta, sekarang 148,” katanya.

Senada dengan Aladin, Wakil Ketua I Bidang Akademik STIH IBLAM, Dr. Marjan Miharja, S.H., M.H., menyampaikan, kurikukum PKPA ini harus terus diperbarui demi mencetak calon advokat andal, profesional, dan berintegritas.

Pasalnya, lanjut dia, pekembangan hukum di dunia cukup berkembang pesat sehingga mungkin metodeloge, konsep, teori harus terus dimutakhirkan. “Oleh karena itu, keterbaruan kurikulum dari DPN Peradi harus memberikan yang terbarukan,” katanya.

Wakil Ketua I DPC Peradi Jakbar, Nurkholis Cahyasa, S.H., M.H., mewakili Ketua DPC Peradi Jakbar, Dr. Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M, M.H., menilai, pernyataan Muhamad Akil bahwa PKPA Peradi Jakbar merupakan salah satu yang terbaik, itu bukan hanya sanjungan demi menyenankan pengurus DPC Peradi Jakbar dan panitia PKPA.

“Pengakuan itu sebenarnya kami mendengarnya tidak sekali ini saja, tapi sudah berkali-kali,” ucapnya.

Menurutnya, PKPA DPC Peradi Jakbar merupakan salah satu PKPA terbaik, khususya di DPN Peradi Prof. Otto Hasibuan dan bisa dipertanggungjawabkan. “Itu bisa kami pertanggungjawabkan,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan para alumni PKPA Angkatan IX ini bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Profesi Advokat (UPA) yang akan digelar DPN Peradi pada 28 Juni 2024. Guna mempersiapkan itu, DPC Peradi Jakbar rencananya akan menggelar try out.

“Atas nama Ketua Umum DPN Peradi, dengan mengucap alhamdulillah, PKPA Angkatan IX DPC Peradi Jakarta Barat dengan STIH IBLAM saya nyatakan ditutup,” ucapnya.

191