Home Nasional Volume Kendaraan di Tol Kalikangkung Meningkat, Sistem One Way Masih Diberlakukan

Volume Kendaraan di Tol Kalikangkung Meningkat, Sistem One Way Masih Diberlakukan

Semarang, Gatra.com- Menjelang Idulfitri 1445H kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah dari arah Jakarta terpantau mulai ramai dengan antrean kendaraan kurang lebih 50 m yang akan memasuki gerbang tol. Hal ini terlihat dari terisinya pintu tol oleh kendaraan yang memasuki Tol Kalikangkung.

Brigadir Rizka selaku Petugas Ntmc Polri melaporkan melalui akun NTMCLantasPolri, mulai dari pukul 00:00 WIB hingga pukul 05:00 WIB terhitung sudah ada sekitar 6933 kendaraan yang melintas. Arus lalu lintas mulai didominasi oleh kendaraan berplat nomor luar Semarang.

Selain itu, sudah tidak ada kendaraan sumbu 3 yang melintas. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pembatasan operasional untuk kendaraan sumbu 3 yang dilakukan sejak hari Jum'at, 5 April 2024 lalu hingga 16 April 2024 mendatang.

Diketahui, PT Jasamarga juga sudah membuka 10 gardu utama dan 7 gardu setelit, hal ini sebagai upaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat meningkatnya volume kendaraan dan mendukung kelancaran one way.

"Kemudian untuk sistem one way masih diberlakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terus meningkat sejak Sabtu, 6 April malam. Sistem one way akan diperpanjang hingga Senin, 8 April 2024 pukul 24:00 WIB," ucapnya.

Disamping itu Polda Jawa Tengah dapat menerapkan one way lokal dari Tol Kalikangkung menuju Tol Bawean jika terjadi peningkatan kendaraan yang melintas di Tol Kalikangkung. Namun kebijakan ini bersifat situasional dengan menyesuaikan kendaraan di lapangan.

Perlu diinformasikan, berdasarkan data IRSMS Korlantas Polri dalam kurun waktu 1x 24 jam laka lantas sebanyak 294 kasus dengan rincian 45 orang meninggal dunia, 54 luka berat, 385 luka ringan. Dari kasus laka lantas 34% terjadi lantaran kecerobohan pengemudi dan 13% terjadi pengemudi tidak dapat menghindari kendaraan dari depan.

16