Home Internasional Biden sebut AS Tidak Mau Terlibat dalam Serangan Balasan ke Iran

Biden sebut AS Tidak Mau Terlibat dalam Serangan Balasan ke Iran

Washington, D.C, Gatra.com - Presiden Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Amerika Serikat tidak akan berpartisipasi dalam serangan balasan Israel terhadap Iran. 

Seorang pejabat Gedung Putih mengungkapkan dikutip Reuters, pada hari Minggu (14/4).

Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel pada Sabtu malam, sebagai tanggapan atas dugaan serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah pada 1 April.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Sabtu malam setelah serangan tersebut, Biden mengatakan bahwa dia telah menyampaikan kepada Netanyahu bahwa Israel telah menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan, melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Biden tidak mengatakan dalam pernyataannya apakah apakah dia dan Netanyahu membahas kemungkinan tanggapan Israel, atau potensi keterlibatan AS.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan kepada program “Minggu Ini” ABC pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat akan terus membantu Israel mempertahankan diri, tetapi tidak ingin berperang dengan Iran.

Ketika ditanya apakah Amerika Serikat akan mendukung pembalasan Israel terhadap Iran, Kirby mengatakan bahwa “komitmen kami sangat kuat” untuk membela Israel, dan untuk “membantu Israel mempertahankan diri.”

“Dan seperti yang telah berulang kali dikatakan oleh presiden, kami tidak menginginkan perang yang lebih luas di kawasan ini. Kami tidak ingin berperang dengan Iran. Dan saya pikir saya akan berhenti di situ saja,” tambah Kirby.

“Kami tidak menginginkan peningkatan ketegangan di kawasan ini. Kami tidak mencari konflik yang lebih luas,” kata Kirby.

62