Home Olahraga Dicukur Korsel 2 Lusin Gol, Indonesia Kandas di Piala Asia U-17 Wanita 2024

Dicukur Korsel 2 Lusin Gol, Indonesia Kandas di Piala Asia U-17 Wanita 2024

Gianyar, Gatra.com - Tim U-17 Wanita Indonesia menelan kekalahan telak atas Korea Selatan dengan skor 0-12 pada laga lanjutan Piala Asia U-17 Wanita yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (9/5).

Penjaga gawang Indonesia Gadhiza Asnanza harus berjibaku sejak menit-menit awal ketika tendangan bebas Park Ji-yu memaksanya melakukan penyelamatan di dekat tiang kanannya sebelum bernapas lega saat tendangan Han Guk-hee melebar dari posisi yang bagus.

Hanya saja, tekanan awal dari Korea Selatan membuahkan hasil pada menit ke-13 ketika kapten Won Ju-eun dilepaskan di sisi kiri dan saat umpan silangnya ditepis oleh Gadhiza, Kim Hyo-won berhasil mencetak gol ke mulut gawang yang tidak dijaga.

Kepahlawanan Gadhiza-lah yang membuat Korea Selatan tidak bisa meningkatkan keunggulannya dengan cepat, menyelam di kaki Ju-eun dan Kwon Da-eun dalam situasi satu lawan satu, lalu menangkis tembakan Beom Ye-ju.

Kerja keras itu dibatalkan 12 menit sebelum akhir babak pertama ketika sebuah tipuan cerdik dari Ji-yu memungkinkan Guk-hee melepaskan tembakan kuat melewati Gadhiza, diikuti oleh tiga serangan lagi dari Noh Si-eun, Ji-yu dan Ju-eun saat Korea Selatan memimpin 5-0 saat istirahat.

Memasuki awal babak kedua, Indonesia mempunyai peluang besar untuk membalaskan satu gol setelah Claudia Scheunemann mencegat umpan dan melaju ke gawang, namun penjaga gawang Woo Su-min bereaksi cepat untuk menangkap tembakan tersebut.

Hal itu memicu Korea Selatan beraksi ketika mereka menambahkan tiga gol lagi melalui Ju-eun pada menit ke-50, Kim Ye-eun mengonversi penalti sembilan menit kemudian sebelum Ju-eun menyelesaikan hat-tricknya pada menit ke-61.

Satoru Mochizuki mengganti Gadhiza dan bek tengah Nabila Saputri, menggantikan mereka masing-masing dengan Diva Ededweiz dan Nanda Rahmawati saat Indonesia berupaya mengemas pertahanan mereka untuk membatasi kerusakan lebih lanjut.

Hanya saja, upaya Itu tidak berhasil. Kendati tendangan penalti Seo Min-jeong membentur tiang, Korea Selatan justru menambah gol mereka lagi melalui pemain pengganti Baek Ji-eun (80, 82), Ju-eun mencetak gol keempatnya pada menit ke-86 sebelum Min-jeong menutupnya dengan gol di menit-menit akhir untuk memastikan kemenangan telak.

Kekalahan kedua berturut-turut ini membuat Indonesia dipastikan gugur dari kompetisi ini. Mereka hanya menyisakan satu laga lagi, melawan Korea Utara, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Ahad (12/5).***

13

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR