Home Politik PKB Pastikan Usung Gus Yusuf di Pilgub Jateng

PKB Pastikan Usung Gus Yusuf di Pilgub Jateng

Semarang, Gatra.com - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan mengusung kadernya sendiri dalam arena Pemilihan Gubernur (Pilgubs) Jawa Tengah 2024.

Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori merupakan sosok yang disiapkan dalam kontestasi lima tahunan ini.

Bahkan seluruh pengurus DPC PKB se-Jawa Tengah telah melakukan ikrar bersama atas dukungan kepada sosok yang akrab disapa Gus Yusuf tersebut. Ikrar dilangsungkan dalam acara Konsolidasi PKB se-Jateng dalam rangka Pilgub yang digelar di Kota Semarang, Jumat (17/5).

Baca Juga: PKB-Demokrat Jajaki Kerja Sama di Pilgub Jateng

Ikrar tersebut berisi siap mendukung penuh, mensosialisasikan, mengawal, dan mengajak masyarakat untuk mengantarkan Gus Yusuf memimpin Jawa Tengah.

Acara ikrar tersebut dihadiri Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori, Sekretaris DPW PKB Jateng H Sukirman, jajaran dewan syuro. Seluruh anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, dan RI juga hadir dalam acara tersebut.

Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar menyatakan, Jateng punya kader potensial untuk maju dalam arena Pilgub. Kader tersebut adalah Gus Yusuf.

“Tidak ada alasan lain untuk tidak mengusung Gus Yusuf. Karena itu semua harus mempersiapkan diri,” ujarnya.

Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori (baju putih) saat menerima mandat dari pengurus kabupaten/kota untuk maju dalam Pilgub Jateng. (GATRA/Muh Slamet)

Halim menyatakan, dalam Pilgub Jateng tahun ini, tidak ada incumbent. Sehingga ini menjadi sebuah momentum bagi PKB untuk menempatkan kader terbaiknya sebagai Gubernur.

“Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Kalau tidak Gus Yusuf, siapa lagi? “ ungkap Gus Halim.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori mengucapkan terima kasih atas kebulatan tekad pengurus dalam menghadapi Pilgub maupun Pilkada. “Sebagai kader, saya taat dan patuh kepada ketua umu. Ada perintah maju, budhal sama,” katanya.

Baca Juga: Cak Imin Titip Salam ke Presiden Jokowi saat 2 Menteri PKB Lapor ke Istana

Sejauh ini, PKB terus melakukan komunikasi dengan berbagai aprtai politik (parpol) yang ada. Komunikasi itu salah satunya membahas bagaimana Jateng ke depan. “Bagaimana Jateng mengejar ketertinggalan, sehingga masyarakat semakin sejahtera,” terangnya.

Gus Yusuf menegaskan, November hanya tinggal dalam hitungan hari. Atas dasar itu dia mengajak seluruh pengurus maupun kader untuk terus merapatkan barisan.

“Sampaikan kepada semua, bahwa perjuangan belum selesai. Semua masih harus berjuang di Pilgub dan Pilkada Kabupaten/Kota, agar Jawa Tengah ini ijo royo-royo,” ungkapnya.

Dalam Pemilu 2024 ini, kata Gus Yusuf, PKB mampu mendapatkan kursi di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. “Dulu, Solo itu 0. Sekarang sudah mendapatkan 2 kursi,” ujarnya.

Di acara tersebut, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman menyampaikan laporan hasil Pileg di Jawa Tengah. PKB mampu menang di 7 Kabupaten. 

Masing-masing, Kabupaten Tegal dengan 17 kursi, Kabupaten Pekalongan 14 kursi, Demak 13 kursi, Blora 11 kursi, Kendal 11 kursi, Kebumen 11 kursi, dan Batang juga 11 kursi.

97