Home Olahraga Singkirkan Borneo FC, Madura United Melaju ke Final Championship Sereis

Singkirkan Borneo FC, Madura United Melaju ke Final Championship Sereis

Balikpapan, Gatra.com - Borneo FC menjamu Madura United pada pertandingan leg kedua semifinal Championship Sereis Liga 1 2023/2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, Ahad (19/5) malam.

Madura United memastikan tiket final Liga 1 2023/2024, berkat kemenangan 3-2 atas Borneo FC. Laskar Sape Kerrap unggul agregat 4-2 atas pemuncak klasmen akhir Liga 1 2023/2024 tersebut.

Tampil sabagai tim tamu, Madura United tampak mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Sementara Borneo FC lebih banyak tampil bertahan.

Borneo mulai bisa mengimbangi permainan Madura. Terens Puhiri mendapatkan peluang pertama melalui percobaan sepakan, namun masih melebar.

Gol yang dinantikan oleh tuan rumah akhirnya tercipta pada menit ke-12. Leo Guntara mengirim umpan silang dari sisi kiri, untuk disambut sundulan pemain muda Alfharezzi Buffon membobol gawang Madura. Skor berubah menjadi 1-0.

Keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Pada menit ke-19, Gelandang Madura Francisco Rivera mengirim umpan dari lini tengah, untuk disambut sundulan Dalberto Belo yang tak bisa dbendung penjaga gawang Angga Saputro. Skor menjadi 1-1.

Jelang turun minum, wasit VAR menilai ada pelanggaran yang dilakukan oleh Cleberson terhadap Felipe Cadenazzi di kotak terlarang Madura. Tinjauan VAR kemudian dilakukan oleh wasit, dan setelah melihat video rekaman kejadian, wasit memutuskan untuk memberikan hadiah penalti untuk Borneo FC.

Cadenazzi maju mengambil eksekusi penalti. Sepakannya ke arah tengah mengecoh kiper Lucas. Gol tercipta pada menit ke-47. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Selepas turun minum, kedua tim saling bertukar serangan. Namun Madura terlebih dahulu yang mampu membuka keran gol di babak kedua lewat gol Malik Risaldi pada menit ke-58. Skor berubah 2-2.

Malik Risaldi tampil gemilang dengan kembali mencetak gol pada menit ke-67. Menerima umpan kiriman Hugo Gomes, Malik melepaskan sepakan ke sisi kiri gawang Borneo. Madura memimpin dengan skor 3-2.

Borneo berusaha mengejar ketertinggalan, namun hingga tambahan waktu sebanyak sepuluh menit berkahir, Borneo tidak mampu mengubah keadaan. Pesut Etam harus rela menjadi juara musim reguler namun tersingkir pada babak semifinal Championship Series.

Daftar susunan pemain:

Pelatih: Pieter Huistra

Borneo FC:

 Angga Saputro
 Leo Guntara
 Alfharezzi Buffon
 Silverio Silva
 Fajar Fathur Rahman
 Hendro Siswanto
 Adam Alis
 Kei Hirose
 Stefano Lilipaly
 Terens Puhiri
 Felipe Cadenazzi


Pelatih: Rakhmat Basuki

Madura United:

 Lucas Frigeri
 Koko Ari
 Fachruddin
 Cleberson
 Alekvan Djin
 Jacob Mahler
 Francisco Rivera
 Hugo Gomes
 Abiyoso
 Malik Risaldi
 Dalberto Belo

13