Home Politik Jokowi Kalah di Kabupaten Asahan Sumut

Jokowi Kalah di Kabupaten Asahan Sumut

Asahan, Gatra.com – Pasangan calon no 01 Jokowi-Ma’ruf kalah telak di Kabupaten Asahan. Di TPS 08, kelurahan Mekar Baru, Kisaran, tempat Bupati dan Wakil Bupati Asahan menggunakan hak pilihnya saja, Jokowi cuma mendapat 16 suara.

Sementara di TPS Bupati dan Wabup tadi, pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 94 suara dari 130 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Prabowo juga unggul di dua wilayah kecamatan yang sering dijadikan sebagai barometer politik bagi para politisi Asahan, yaitu Kisaran Barat - Kisaran Timur. Seluruh TPS dimenangkan Prabowo-Sandi dengan selisih perolehan suara yang sangat signifikan.

Di TPS 03, Kelurahan Bunut Barat, Kisaran Barat misalnya, Prabowo menang telak. Dari 142 pemilih yang menggunakan hak suaranya, Jokowi hanya mampu mendulang 31 suara, sedangkan Prabowo menang sangat telak dengn memperoleh 111 suara.

Di TPS 02 kelurahan yang sama, Jokowi juga kalah, dengan 31 suara dari 139 suara. Ada 17 TPS di Kelurahan Bunut Barat. Dari total TPS, tidak ada satupun TPS yang dimenangkan Jokowi.

Pihak Kelurahan Bunut Barat, Dedi Indra Purnawan menegaskan, Jokowi - Maruf di keluarahannya. "Prabowo menang telak di semua TPS," katanya kepada Gatra.com.

Jokowi Kalah di Kampung Halaman Ustadz Abdul Somad

Suara capres 01 Joko Widodo juga kalah jauh di desa Silo Lama, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Di kampung halaman Ustadz Abdul Somad ini, semua suara TPS hampir dikuasai Capres 02 Prabowo.

Kepala Desa Silo Lama, Sujud mengakui, Prabowo unggul di desa yang dijadikan sebagai kampung Pengawasan oleh Bawaslu Pusat. "Prabowo menang di semua TPS," kata Sujud.

Muhammad Arifin, sepupu UAS mengatakan, warga di kampung halaman Ustad sejuta viewer ini solid memilih Prabowo-Sandi.

Sementara itu informasi dari Desk Penghitungan Cepat Pemilu 2019 Pemkab Asahan belum mengeluarkan hasil hitung cepat versi pemda setempat, Kadis Kominfo Pemkab Asahan, Rahmat Hidayat Siregar mengatakan, Pemkab Asahan masih melakukan penghitungan.

Saat ditanya perolehan hasil perolehan suara sementara dalam versi hitung cepat, dia menyatakan, hasil quick qount Pemkab Asahan belum final.

"Laporan perolehan suara masih tersendat-sendat dari kecamatan. Karena itu Pemkab Asahan belum bisa mengeluarkan hasil hitung cepat. Nanti kalau sudah selesai, kita akan umumkan," jawab Rahmat.


Reporter: Edy Gunawan Hasby

Editor: Hendry Roris Sianturi