Home Ekonomi Antisipasi Kenaikan, Kemendag Siapkan 60 Ton Bawang Putih Hadapi Ramadan

Antisipasi Kenaikan, Kemendag Siapkan 60 Ton Bawang Putih Hadapi Ramadan

Medan, Gatra.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim tidak akan terjadi lonjakan harga daging menjelang bulan suci Ramadan 1440 H.

“Hari ini kita pantau langsung dan harga masih relatif stabil ya. Terkait harga bawang putih yang melonjak naik tak perlu khawatir sebab Kemendag menyiapkan stok sebanyak 60 ton. Saya rasa stok ini cukup sampai 6 bulan,” kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag, Veri Anggrijono, usai meninjau harga kebutuhan pokok di Pusat Pasar, Medan, Jumat (26/4).

Oleh karena itu, ia meminta agar Bulog lebih fokus menjaga harga beras tetap stabil dengan mempersiapkan kebutuhan dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga: Stok dan Harga Pangan Dipastikan Stabil Jelang Ramadan

“Apalagi saat ini Kementerian juga sudah mengeluarkan izin impor untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang Ramadan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan harga bawang putih yang paling menonjol di Pusat Pasar.

“Setelah saya cek ternyata penyebabnya karena memang ada kekurangan stok. Kita berharap ini merupakan evaluasi untuk bisa menyiapkan daerah kita sebab daerah kita bisa memproduksi bawang putih. Nah, harga yang lain seperti harga daging masih normal di sini yakni Rp110.000 per kg. Begitu juga dengan harga-harga yang lain, tadi kita lihat di sini harga beras dan cabai sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET),” ucapnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga, Dinas Perdagangan Magelang Gandeng Distributor

Edy juga mengingatkan distributor bawang putih agar melakukan perencanaan untuk satu tahun khususnya pada hari-hari besar sehingga tidak ada alasan kurang stok.

“Harus bisa direncanakan. Contohnya saat puasa dan Lebaran, lalu Natal dan Tahun Baru pastinya permintaan cukup besar. Sehingga harus direncanakan secara utuh. Tidak bisa hanya alasan kurang stok. Maka bila ada kekurangan harus kita cari untuk memenuhinya. Sehingga masyarakat bisa menjalankan Ramadan dengan nyaman,” tandasnya.

 

Reporter: Putra TJ

 

1800