Home Kesehatan Minum Kopi Secara Rutin Bisa Tingkatkan Harapan Hidup

Minum Kopi Secara Rutin Bisa Tingkatkan Harapan Hidup

Jakarta, Gatra.com - Minum kopi merupakan gaya hidup bagi sebagian orang yang tak mungkin dihindari. Selain nikmat dan bisa menambah energi, ternyata ada manfaat luar biasa di balik minuman berwarna pekat itu.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Epidemiology, minum kopi sebanyak 2 cangkir sehari dapat meningkatkan harapan hidup hingga 2 tahun. Tim mengkaji 40 studi yang melibatkan 3.852.651 subjek dan 450.256 penyebab kematian. Temuan dari penelitian itu mengungkapkan bahwa orang yang rutin meminum kopi memiliki tingkat resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak pernah meminumnya.

Dilansir dari The Independent, pada dasarnya, studi ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kopi dan kematian. Penelitian dimulai dengan mengkaji berbagai subpopulasi yang dikelompokan berdasarkan karakteristik subjek, seperti penuaan, obesitas, dan faktor gaya hidup yang memengaruhi kematian.

Baca Juga: Kopi Dingin, Minuman Menyegarkan Kaya Manfaat Kesehatan

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa hubungan antara minum kopi dengan kematian adalah berbanding terbalik. Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan.

Penelitian tersebut bukanlah yang pertama kalinya dalam membuktikan pengaruh kopi terhadap kematian. Studi sebelumnya telah dilaporkan bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan dan mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer juga parkinson.

Seorang peneliti dari Institut Nasional Kesehatan dan Penelitian Medis Prancis, Astrid Nehlig pun mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, adanya peningkatan fokus dan kewaspadaan yang dihasilkan dari mengonsumsi kopi dapat menjadi salah satu alasan mengapa minuman itu bisa meningkatkan harapan hidup.

"Sulit untuk menghitungnya. Tetapi perasaan saya menyebutkan bahwa minum kopi mungkin akan menambah beberapa tahun lagi dalam hidup Anda," kata Astrid, Senin (13/5).

 

1098