Home Teknologi Cina Blokir Akses Internet ke Wikipedia

Cina Blokir Akses Internet ke Wikipedia

Beijing, Gatra.com - Cina telah memblokir akses internet untuk mengunjungi situs web wikipedia. Negara ini memang dikenal memiliki sistem yang ketat terhadap internet.

Mengutip dari BBC, Wikimedia Foundation Inc telah mengkonfirmasi bahwa Wikipedia telah diblokir di Cina sejak April lalu. Awalnya Cina hanya melarang versi bahasa mandarinya saja, namun kini seluruh bahasa dari wikipedia telah dilarang dan tak bisa diakses.

"Pada akhir April, Wikimedia Foundation menyatakan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis dengan cermat laporan lalu lintas internal kami, kami dapat mengonfirmasi bahwa Wikipedia saat ini diblokir di semua versi bahasa," kata Wikimedia Foundation dalam pernyataan resminya, Selasa (14/5).

Menurut Open Observatory of Network Interference, Cina menggunakan DNS untuk mencegah warganya dalam mengaksed Wikipedia. Sementara itu, pada Mei 2017, negara ini mengajukan rencana untuk membuat ensiklopedia online sendiri dengan lebih dari 300.000 artikel dari 20.000 cendekia.

Sejauh ini, belum ada penjelasan mengapa Cina memblokir Wikipedia. Pemerintah Cina pun tidak segera memberikan pernyataan.

Cina bukanlah negara pertama yang membloker akses internet ke Wikipedia. Turki memblokir Wikipedia sejak April 2017 dan beberapa negara lain, seperti Rusia, Arab Saudi dan Venezuela juga memblokirnya dalam jangka waktu tertentu.

 

688