Home Ekonomi sertifikasi Halal Penting Juga untuk non-Muslim

sertifikasi Halal Penting Juga untuk non-Muslim

Semarang, Gatra.com - Saat ini halal bukan hanya penting buat umat Islam, namun juga bagi non muslim. Kehalalan itu juga penting karena  menyangkut proses dan barang yang dijual secara sehat dan benar.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Festival Halal  di halaman  Gradhika Bhakti Praja kompleks kantor Gubernur Jateng di Jalan Pahlawan Semarang.

Menurut Ganjar, sertifikasi halal pada produk UMKM tidak hanya penting bagi muslim. Bagi muslim,  mengonsumsi produk bersertifikat halal menjauhkan mereka  dari hal-hal yang haram. 

“Namun lebih dari itu, bagi warga nonmuslim, produk halal juga memberikan jaminan kesehatan bagi mereka, karena adanya jaminan semua proses dilakukan secara sehat dan benar," kata Ganjar.

Ganjar mencontohkan  ayam goreng yang sudah bersertifikat halal. Adanya sertifikasi tersebut, tidak mungkin ayamnya ayam  tiren dan prosesnya tidak higienis. "Dengan adanya sertifikasi halal itu, semua konsumen baik muslim maupun non-muslim mendapatkan manfaatnya,” katanya.

Festival Halal jawa Tengah dengan tema “Halal is My Life“, menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan  Dinas Koperasi yang bekerja sama dengan MUI Jateng.  Dalam festifal tersebut   terdapat 47 stan  dari 23 UKM makanan/minuman halal, 13 UKM batik/fashion dan 5 BUMN/swasta. 

Acara yang berlangsun 3 hari (22 – 24 Mei), kata Ema, merupakan  implementasi misi khidmatul ummah, yaitu melayani  muslim pada khususnya, dengan menyediakan produk-produk yang terjamin kehalalannya. "Ada juga misi ri'ayatul ummah, yaitu melindungi serta mengedukasi masyarakat dari mengonsumsi produk-produk yang tidak jelas kehalalannya. Diharapkan, halal dapat menjadi gaya hidup masyarakat,” kata Ema

Sampai dengan saat ini, Dinas Koperasi dan UKM bekerja sama dengan LPPOM-MUI Jawa Tengah telah menfasilitasi penerbitan sertifikat halal sebanyak 507 sertifikat. Tahun 2019 , ditargetkan  ada penambahan 150 sertifikat halal. “Tahun depan, setiap tahun kami targetkan akan ada 300 hingga 500 UMKM yang mendapat sertifikat halal dari MUI,” kata Ema

“Semoga dengan festival ini, masyarakat, juga para pelaku UMKM, semakin teredukasi akan pentingnya sertifikasi halal,” ucapnya.

2375