Home Gaya Hidup Soto Kuning, Kuliner Legendaris Khas Kota Bogor

Soto Kuning, Kuliner Legendaris Khas Kota Bogor

Bogor, Gatra.com - Jika Anda sedang berlibur di Kota Hujan, Bogor punya berbagai macam kuliner legendaris laya dicoba di sepanjang Jalan Surya Kencana. Jalan yang biasa disebut Gang Aut ini banyak yang menjajakan kuliner Soto Kuning khas Bogor.

Salah satunya Soto Kuning M. Yusup. Warung soto yang berdiri puluhan tahun ini bisa menjadi pilihan untuk dicicipi.

"Berdiri dari tahun 80-an. Bapak sempat vakum jualan, setelah pensiun dikerjain lagi. Bapak masih di dapur cuma enggak didepan lagi," kata pengelola Soto Kuning M.Yusup, Yusliana kepada Gatra.com di Bogor, Minggu (9/6). Ia merupakan putri dari M. Yusup.

Paduan kuah soto kuning hangat dengan berbagai pilihan isian. Pembeli bisa memilih daging, kikil, kulit, kaki hingga otak sapi yang bisa sesuai selera. Sajian soto semakin lengkap dengan tambahan irisan tomat segar, daun bawang, bawang goreng serta emping di atasnya. Soto kuning ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat yang ditaburi bawang goreng.

Yusliana menjelaskan kuah khas dari soto kuning M.Yusup menjadi pembeda cita rasa sotonya dengan soto kuning lain yang ada di sekitar Jalan Surya Kencana.

"Kuahnya mungkin beda, kalau daging sama aja. Selera orang beda yah. Ada orang yang suka jeroaan, ada yang enggak. Ada juga tersedia pilihan soto ayam," ujar Yusliana.

Setiap hari, Soto M. Yusup buka sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Selama libur Lebaran tahun ini, Yusliana mengaku meraup omset hingga 5 kali lipat dibandingkan hari biasanya. Tak jarang, pembeli menjadikan soto khas Bogor ini sebagai buah tangan.

"Soto ini bisa juga buat oleh-oleh ke luar kota, karena saat dibungkus kuah dengan daging dipisah, jadi kuahnya bisa dipanasin lagi," pungkasnya.

1333