Home Olahraga Siantar Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Siantar Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Siantar, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemko) Siantar meraih penghargaan Manggala Karya Kencana. Penghargaan tingkat nasional itu diberikan pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, dalam acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7).

Baca Juga: Puan: Mari Putus Rantai Pernikahan Dini

Penghargaan tersebut diterima Walikota Siantar Hefriansyah setelah dinilai sebagai kepala daerah yang berkomitmen menggerakkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana serta mewujudkan keluarga kecil bahagia di Siantar.

Atas penghargaan itu, Walikota Siantar menyampaikan apresiasi atas dukungan dari masyarakat Kota Siantar, terutama dalam mewujudkan program kependudukan. “Semoga Kota Siantar mampu melahirkan keluarga-keluarga kecil yang berencana dan bahagia ke depannya, sehingga terwujudnya Pematangsiantar menjadi kota yang semakin mantap, maju, dan jaya," katanya.

Baca Juga: Puan: Keluarga Merupakan Fondasi Memperteguh Pancasila

Sementara itu dalam sambutannya, Puan Maharani menyoroti pernikahan anak usia dini. Puan mengimbau agar seluruh elemen masyarakat bergotong royong memutus mata rantai pernikahan dini. Puan menyebutkan, BKKBN dan Kemenkes mencatat angka pernikahan dini atau pernikahan pertama perempuan sudah mulai menurun.Hal ini didasari oleh kesadaran perempuan akan pentingnya bersekolah.

Puan mengatakan Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera. Keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial ekonomi budaya. Keluarga berperan penting membangun budi pekerti memperteguh pancasila dalam kehidupan bernegara.

Reporter: Jon RT Purba

548