Home Politik Markaban Nyatakan Siap Bertarung di Pilkada Tanjung Jabung Timur

Markaban Nyatakan Siap Bertarung di Pilkada Tanjung Jabung Timur

Tanjung Jabung Timur, Gatra.com - Menjelang Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang, Wakil Ketua DPRD Tanjung Jabung Timur, Markaban, menyatakan kesiapannya untuk ikut maju menjadi calon bupati. Bahkan jika tak mendapat dukungan partai politik, ia siap maju melalui jalur independen.
 
Dikatakan Markaban, saat ini dirinya masih mengharapkan dukungan dari parpol. Sebagai kader PDIP, tentunya ia mengharapkan dukungan partainya dan beberapa partai lain. Komunikasi politik juga telah ia lakukan. Jalur independen ia tempuh sebagai opsi terakhir.
 
"Masih ada waktu, kalau ndak ya independen," katanya, Selasa (9/7).
 
Ditambahkan Markaban, ia sangat yakin bakal diusung oleh partainya, PDIP. Selain itu, komunikasinya dengan partai lain juga cukup bagus. Itulah yang membuatnya optimis untuk maju sebagai cabup. 
 
Dilihat dari perolehan kursi di DPRD Tanjung Jabung Timur, PDIP memperoleh 5 kursi. Dengan begitu, untuk maju dirinya hanya membutuhkan dukungan dua kursi lagi dari partai lain untuk memenuhi persyaratan mencalonkan diri.
 
Terpisah, Komisioner KPU Tanjung Jabung Timur, Nurdin mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, pada Pasal 41 tentang calon perorangan huruf A, disebutkan untuk Calon perorangan di Kabupaten yang Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya 250 ribu, maka jumlah dukungannya minimal 10 persen.
 
"Itu artinya cukup 25 ribu dukungan, yang dibuktikan dengan eKTP atau Surat Keterangan (Suket), yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk maju jalur independen," katanya. 
525