Home Gaya Hidup Geo Produk GKT di Pamerkan Dalam Kunjungan Jokowi

Geo Produk GKT di Pamerkan Dalam Kunjungan Jokowi

Humbanghasundutan, Gatra.com – Sejumlah geo produk dari Geopark Kaldera Toba (GKT) di pamerkan dalam kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke kawasan Geosite Sipinsur, di Desa Pearung, Paranginan, Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (29/7).

Baca Juga: Jokowi Akan Tuntaskan Danau Toba Masuk Unesco Global Geopark

Produk GKT yang dipamerkan berupa hasil kerajinan tangan dari kawasan Danau Toba, baik berupa cendramata dan makanan ringan olahan berbahan lokal. Keseluruhan produk tersebut juga di perkenalkan kepada pengunjung memadati kawasan Sipinsur.

Pihak Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT), Debby Panjaitan mengatakan bahwa produk tersebut adalah murni olahan masyarakat di GKT. Pengembangan dan promosi geo produk tersebut merupakan program dari BPGKT dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Jokowi Berikan Signal Menutup Perusahaan Perusak Lingkungan

“Jadi di sini kita hanya memperkanlkan sejumlah produk yang ada di kawasan Danau Toba. Contohnya barang barang souvenir dan makanan ringan kemasan yang sudha menjadi bagian dari geo produk. Termasuk geo produk unggulan yakni kopi arabika Lintong,” jelasnya.

Debby memaparkan bahwa dengan di pamerkannya geo produk dalam kunjungan presiden, maka para pengunjung dapat melihat keberagaman produk olahan dari GKT. Produk tersebut umumnya menggunakan 80 persen bahan baku lokal. “Rata – rata hanya kemasan yang tidak produk lokal. Karena memang kita belum memilik produk kemasan lokal. Selebihnya bahan baku dan mengolahan merupakan produk lokal,” jelasnya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

763