Home Milenial Siswi SMPN 1 Gerung, Lobar ini Juarai Lomba Esai Nasional

Siswi SMPN 1 Gerung, Lobar ini Juarai Lomba Esai Nasional

 

Lombok Barat, Gatra.com- Rizki Wahyuningrum, siswi SMPN 1 Gerung, Lombok Barat (Lobar), NTB meraih juara 1 lomba penulisan esai dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat Nasional yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud). Atas prestasinya itu, Rizki mendapatkan hadiah Rp5 juta.

“Prestasi Rizki ini tidak terlepas dari kerja keras pembina ekstrakurikuler (eskul) literasi SMPN 1 Gerung yang juga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dan tentu kita bersyukur atas raihan juara ini. Atas prestasi tersebut, tentu sekolah akan memberikan penghargaan nantinya,” kata Kepala SMPN 1 Gerung H Junaedi M kepada Gatra.com, di Lombok Barat, Selasa (29/7).

Junaedi menyatakan, prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat yang terus memberikan arahan dan motivasi kepada pihak sekolah. “Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Dikbud dan warga sekolah yang telah memberikan support,” katanya.

Menurutnya, penilaian lomba esai nasional 2019 tersebut sangat ketat karena Rizki bersaing dengan siswi dari 34 provinsi. Karya esai Rizki memang murni karyanya sendiri. “Rizki memang anak yang rajin. Ia aktif dalam kegiatan sekolah baik di OSIS dan kegiatan lainnya,” katanya.

Guru pembina dan pembimbing literasi SMPN 1 Gerung, Sri Sundarianti, M.Pd menjelaskan, Rizki aktif  mengikuti eskul khususnya esai. Ia juga aktif dalam kegiatan organisasi sekolah. Sebagai guru pembimbing literasi, ia memiliki kiat-kiat sukses, diantaranya dengan mendorong siswanya untuk selalu membaca dan menulis contoh esai.

“Rizki ini memiliki hobi membaca dan menulis. Kuncinya istiqomah rajin belajar membaca dan menulis,” pungkasnya.

 

474