Home Teknologi IEMS Ajang Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

IEMS Ajang Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Jakarta, Gatra.com - Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Majalah Transportasi Indonesia dengan tajuk "Electric Vehicle for Smart Transportation". Pameran berlangsung selama 2 hari, 4-5 September di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. 

"Acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respons positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini," ujar Kepala BPPT, Hammam Riza, pada acara pembukaan IEMS 2019, Rabu (4/8).

Baca juga: Menristekdikti Sebut Mobil Listrik akan Diproduksi 2022

IEMS 2019, kata Riza, adalah inisiatif untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh discruptive technology terbaru.

"Kita bisa membayangkan nanti negara kita itu dipneuhi oleh kendaraan listrik. Yang tidak hanya menjalankan misi untuk penghematan energi tapi juga dampak lingkungan yang sangat besar," ungkapnya.

Gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 memamerkan produk-produk dalam dan luar negeri terkait kendaraan listrik di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta (4/8). (GATRA/Almer Sidqi/re1)

 

BPPT, lanjut Riza, menggelar acara ini seiring dengan fungsi dan peran lembaga yang melakukan pemantauan, pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah juga swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi, pengembangan kapasitas, serta membina ahli teknologi.

Baca juga: Empat Perusahaan Komit Gunakan Kendaraan Listrik

Gelaran IEMS 2019 menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para pemangku kepentingan (stakeholder), pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik. 

Sejumlah 45 exhibitor IEMS 2019 yang diikuti kementerian, BUMN, akademisi, stakeholder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama yang berasal dari Jepang, Cina, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia pun hadir untuk memamerkan teknologi dan produk kendaraan listrik. 

160