Home Internasional Dialog Denuklirisasi Mandek, Korea Utara Salahkan AS

Dialog Denuklirisasi Mandek, Korea Utara Salahkan AS

Washington DC, Gatra.com - Korea Utara menyalahkan Amerika Serikat karena mandeknya pertemuan untuk membahas denuklirisasi. Terhitung sudah lebih dari setahun sejak dialog pertama, kedua pihak belum membahas kembali program penghentian nuklir.
 
Dalam pidatonya di Majelis Umum AS, duta besar Korea Utara untuk AS, Kim Song mengatakan sudah waktunya bagi Washington untuk berbagi proposal untuk pembicaraan.
 
"Dengan asumsi bahwa AS memiliki cukup waktu untuk mengetahui metode perhitungan yang dapat dibagikan kepada kami, kami menyatakan keinginan kami untuk duduk bersama AS untuk diskusi komprehensif tentang masalah yang telah kami bahas sejauh ini," ucapnya, dikutip dari Reuters, Selasa (1/10).
 
Korea Utara bersedia memulai kembali perundingan pada akhir September tetapi Washington perlu mengadopsi pendekatan baru. Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan bahwa pertemuan pada bulan September tidak mungkin dilakukan.
 
"Hubungan antara Republik Rakyat Demokratik Korea dan AS sejauh ini hanya membuat sedikit kemajuan dan situasi di semenanjung Korea belum keluar dari lingkaran setan meningkatnya ketegangan," ujar Kim.
 
 
65