Home Politik Porwil Sumatera Kesebelasan Sumut di Grup B

Porwil Sumatera Kesebelasan Sumut di Grup B

Medan, Gatra.com - Kesebelasan Sumatera Utara (Sumut) tergabung di Grup B dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bengkulu, 24 Oktober hingga 3 November mendatang.

Grup B, Sumut bersama Bangka Belitung, Aceh, Kepri, dan Sumsel. Sedangkan Grup A, dihuni Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, dan Sumatera Barat. Inilah hasil drawing sepakbola Porwil Sumatera di Bengkulu. Sumut akan memulai pertandingan melawan Aceh di Stadion Padang Panjang, 24 Oktober 2019.

Baca Juga: Ketiga Kalinya, PSMS Versus Babel Kembali Ditunda

Menanggapi hasil drawing, Ketua Umum Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah, melalui Sekum Ir Fityan Hamdy mengatakan optimis tim sepakbola Sumut akan mampu meraih tiket tampil di PON 2020 Papua.

"Sejak awal target kita meraih tiket PON, karena ini sudah menjadi tradisi sejak PON 2012 di Kalimantan Timur. Apalagi persiapan tim sudah dilakukan dengan baik melalui program Pelatda KONI Sumut," ujar Ir Fityan Hamdy.

Baca Juga: PSMS Timpang Hadapi Babel

Didampingi Wasekum Muhammad , Fityan yang menghadiri langsung acara drawing mengakui persaingan Grup B bakal ketat, karena di sana ada Aceh dan Sumsel yang selama ini punya pembinaan sepakbola cukup baik di kelompok usia maupun senior. Sumsel bahkan merupakan juara bertahan Polwil Sumatera 2015.

Namun, pertemuan dengan Sumsel menjadi ajang balas dendam bagi Sumut saat takluk dipartai Porwil Sumatera 2015 lalu. Saat itu, Porwil yang digelar di Bangka Belitung, Sumut meraih tiket PON setelah menyabet medali perak usai di final kalah dari Sumatera Selatan.

Baca Juga: PSMS Siap Sambut Persita

Tuan rumah Bangka Belitung turut melaju ke PON setelah meraih medali perunggu. "Bangka Belitung juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena pada Porwil sebelumnya mereka mampu meraih medali perunggu dan lolos ke PON 2016 Jawa Barat. Jadi memang persiapan Sumut harus benar-benar matang agar bisa memenuhi target," yakin Fityan.

Lebih lanjut Fityan mengatakan, tahun ini belum ada kepastian berapa tim yang lolos ke PON melalui Porwil Sumatera. Makanya Sumut targetnya harus juara agar langsung memastikan tiket PON, walau kalau berdasarkan Porwil Sumatera sebelumnya, tiga tim terbaik berhak tampil di PON.

Baca Juga: PSMS Medan Resmi Depak 9 Pemain

"Nantinya tim juara Grup A dan B akan bertemu untuk menentukan juara. Sedangkan tim runner-up bertemu runner-up untuk perebutan medali perunggu. Harapan kita memang Sumatera diwakili tiga tim, tapi kita tidak mau berjudi, makanya harus juara agar otomatis meraih tiket PON," pungkasnya.

Reporter: Iskandar

598