Home Politik Sihar Soroti Permasalahan di Kepulauan Nias

Sihar Soroti Permasalahan di Kepulauan Nias

Medan, Gatra.com - Anggota DPR RI asal Sumatera Utara (Sumut) Sihar PH Sitorus menyoroti permasalahan pembangunan manusia di Kepulauan Nias. Lelaki yang duduk di Komisi XI DPR RI tersebut mengharapkan pemerintah serius membangun masyarakat di Tano Niha.
 
Hal itu diungkapkan politisi PDI Perjuangan tersebut rapat kerja dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Suharso Monoarfa terkait dengan Evaluasi Kinerja 2019 dan Rencana Kerja 2020, Rabu (6/11).
 
 
Sihar Sitorus menilai bahwa permasalahan pembangunan manusia, kemiskinan, infrastruktur, kesempatan kerja, dan ketahanan pangan merupakan tantangan yang harus segera dipecahkan oleh stakeholders pemerintah.
 
Bahkan menurut penggila bola tersebut, lima prioritas nasional meliputi pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, kemudian infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor ril, industrialisasi dan kesempatan kerja. 
 
 
Termasuk ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup serta stabilitas pertahanan dan keamanan merupakan tantangan konkret yang ada di Kepulauan Nias hingga saat ini. Secara khusus Sihar menyoroti permasalahan pembangunan manusia di Kepulauan Nias adalah terkait dengan tingginya angka anak stunting di Kepulauan Nias.
 
"Dimana berdasarkan data dari Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2017 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak 41,6 % di Kepulauan Nias, anak dibawah lima tahun menderita stunting," katanya.
 
 
Stunting adalah kondisi dimana tinggi anak berada di bawah standar pada umumnya. Salah satu penyebab stunting adalah kurangnya asupan gizi atau nutrisi yang buruk pada anak. Hal ini menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi tidak normal, dan berdampak pada penurunan tingkat kecerdasan.
 
"Untuk menyikapi permasalahan tersebut perlu adanya Desk untuk Kepulauan Nias. Seperti Desk Papua, Papua Barat, dan Aceh, yang fokus pada percepatan pembangunan dan perkuatan pembangunan alternatif karena Kepulauan Nias juga memiliki masalah yang cukup kompleks," tutur Sihar.
 
 
Selain tantangan yang terdapat pada lima prioritas nasional yang dijabarkan oleh Bappenas, menurut Sihar masalah stunting di Kepulauan Nias juga harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.
 
Reporter: Baringin Lumban Gaol
1735