Home Ekonomi Hadapi Covid-19, PLN Siaga Jaga Pasokan Listrik

Hadapi Covid-19, PLN Siaga Jaga Pasokan Listrik

Jakarta, Gatra.com- PLN pastikan kesiagaan dan kesigapan dalam menjaga pasokan listrik di tengah meningkatnya pandemi Coronavirus Covid-19. "Untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, kami instruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik "Ungkap Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3).

Upaya itu, yakni dengan menerapkan standar lebih tinggi terutama pada operasi penyediaan listrik. Mulai dari Penyediaan Energi Primer agar tetap bisa menjaga pasokan energi primernya dan Pembangkitan memastikan unit pembangkit beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik. Baca juga: Usai Tes Erick Thohir Dipastikan Negatif Corona 

Juga Pengaturan Beban, Transmisi, dan Distribusi yang tentunya harus tetap menjaga pelayanan pasokan listrik ke pelanggan. Termasuk melaksanakan pekerjaan pemeliharan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

Sejak awal maret PLN juga melakukan langkah preventif pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya, menangguhkan perjalanan kedinasan dan non kedinasan ke luar negeri bagi seluruh pegawai PLN, terutama ke negara terinfeksi virus corona.

Bagi pegawai dan keluarganya yang telah melakukan perjalanan dinas ataupun non kedinasan ke negara-negara terinfeksi, diwajibkan segera melaporkan riwayat perjalanan tersebut melalui email korporat.  Baca juga: Pemerintah Bakal Ungkap Peta Sebaran Corona di Indonesia

Kemudian, pegawai PLN yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara dengan orange dan red alert, diwajibkan melakukan prosedur deteksi dini di Puskesmas dan Rumah Sakit setempat.

Selain itu, Perusahaan melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta melakukan pengecekan riwayat perjalanan yang dilakukan diseluruh unit PLN. Serta menyediakan logistik Masker, Hand Sanitizer, serta sarung tangan, dan thermal gun secara cukup.

Tidak cukup sampai disitu, PLN juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor PLN. "Hal ini untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat" pungkas Zulkifli.  Baca juga: Imbas Corona, Batas Waktu Lapor SPT Diperpanjang

121