Home Teknologi Alternatif Mengurangi Tagihan PLN

Alternatif Mengurangi Tagihan PLN

Jakarta, Gatra.com - Belakangan ini isu melonjaknya tagihan listrik bulanan rumah tangga menjadi perbincangan hangat. Apalagi disaat-saat krisis seperti saat ini saat banyak rumah tangga harus mengencangkan ikat pinggang.

"Sebenarnya kini masyarakat tak perlu bingung lagi dengan tagihan listrik PLN yang cenderung hampir tidak pernah mengalami penurunan namun sebaliknya hampir selalu naik dari waktu ke waktu, karena sudah ada energi baru terbarukan ( renewable energy ) sebagai alternatifnya atau yang biasa disebut dengan pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS ) atap", kata perwakilan perusahaan penyedia panel surya terkemuka tanah air PT. ATW SOLAR, Bambang Widjanarko.

"Apalagi untuk sektor perumahan yang umumnya berada di daerah perkotaan, konsumen hanya perlu mengganti meteran listrik dengan pengajuan meteran export/import atau debet/kredit kepada PLN setempat saja dengan tetap menggunakan jaringan milik PLN secara paralel ( on-grid system ), hal ini sudah diatur dalam peraturan menteri ESDM nomer 49 tahun 2018. Jadi konsumen tidak perlu repot-repot dan mahal-mahal menggunakan baterai lagi", terang Bambang lewat siaran pers.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, meteran export/import pada sistem on-grid berfungsi untuk menyimpan atau menabung debit irridiasi puncak sinar matahari pada siang hari untuk kemudian digunakan pada kebutuhan puncak malam harinya, namun jika tabungan daya listrik tekor, inverter akan secara otomatis mengatur untuk langsung menggunakan daya listrik dari PLN.

Biaya pemasangan PLTS memang terlihat besar pada awalnya, namun jika dihitung dengan perbandingan tarif listrik saat ini dan digunakan secara maksimal, modal akan kembali di tahun ke 6 atau 7, padahal solar panel dengan kualitas yang baik berani memberikan jaminan performa hingga 25 tahun.

"Semakin sering terjadi kenaikan tarif listrik, tentu saja akan semakin mempercepat pengembalian modal ( break even point ).  Berarti mulai dari tahun ke 7 sampai tahun ke 25, selama 18 tahun pengguna tidak akan pernah dipusingkan lagi dengan tagihan listrik alias gratis biaya pemakaian", Bambang memberi perincian.

PLTS memang bentuk dari investasi jangka panjang yang juga sangat cocok untuk orang dalam masa persiapan pensiun yang tidak mau terbeban biaya hidup lagi di masa non aktifnya.


 

781