Home Kesehatan Pasien Covid Melonjak, RSUD Rembang Tambah Ruang Isolasi

Pasien Covid Melonjak, RSUD Rembang Tambah Ruang Isolasi

Rembang, Gatra.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetrasno Rembang kembali dibanjiri lonjakan pasien kasus penyebaran Covid-19.

Kepala Seksi Informasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik mengatakan, bertambahnya perlu segara dilakukan berbagai persiapan, mulai dari menambah kapasitas ruang isolasi hingga penataan zona. Menurutnya Saat ini, RSUD Dr. R. Soetrasno akan menambah 54 ruang isolasi baru. 

"RSUD dr Soetrasno telah menyiapkan tempat isolasi dengan menambah jumlah tempat tidur sesuai kebutuhan. Sehingga semua pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 bisa ditempatkan di ruang baru yang telah di sediakan," kata Tabah, saat ditemui wartawan, Rabu (1/7). 

Tabah Tohamik menyatakan, saat ini pihaknya sedang fokus menambah ruang perawatan untuk menangani pasien Covid-19, setelah ruang isolasi penuh. Pada Selasa 30 Juni 2020 terdapat 55 orang pasien Covid 19,  rincianya 47 positif Coivd 19 dan 8 orang PDP.

Nantinya penambahan ruang dibagi menjadi 2, yakni untuk pasien Covid-19 dan perawatan intensif Covid-19, dengan sarana ventilator atau alat bantu pernafasan.

“Misal ada 2 orang positif Covid-19, kebijakannya bisa kita jadikan dalam 1 kamar. Kalau belum positif ya nggak berani, malah bisa tertular nanti. Untuk penambahan bangsal perawatan, ini masih progress. Semoga bisa selesai Minggu ini,“ ujar Tabah.

Selain bangsal perawatan, yang perlu disiapkan adalah tenaga medis. Solusinya, tenaga dari bangsal perawatan pasien umum, diperbantukan ke perawatan Covid-19, guna mengantisipasi lonjakan pasien.

“Ada beberapa pasien PDP yang hasil swabnya negatif, sebanyak 4 orang. Sehingga jumlah data pasien Covid-19 yang dirawat RSUD Rembang sampai  hari ini tanggal 30Juni 2020 adalah 55 orang, 47 orang positif Covid-19 dan 8 orang PDP,“ ujarnya.

890