Home Hukum Tahun Ini Keuangan BAZNAS Asahan 2019 Akan di Audit

Tahun Ini Keuangan BAZNAS Asahan 2019 Akan di Audit

Asahan, Gatra.com - Ketua BAZNAS Asahan, Ansa'ari Margolang menyatakan, pihaknya saat ini sedang mengajukan permintaan audit keuangan kepada lembaga auditor publik. Dia menegaskan, pihaknya sudah menghunjuk auditor publik.
 
Proses audit keuangan akan segera dilakukan untuk menjalankan sistem laporan keuangan yang transparansi dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Tapi hanya untuk masa  selama satu tahun  kepemimpinan kami saja,"ujarnya kepada Gatra.com, Jumat (3/7). 
 
 
Ansa'ari menyatakan, sejak Januari 2020 pihaknya sudah melakukan permintaan audit keuangan kepada lembaga auditor publik dalam rangkat mematuhi regulasi tentang pengelolaan zakat oleh  lembaga Amil Zakat.
 
Hal itu bentuk transparansi dalam pengelolaan dan penggunaan dana umat Islam tersebut. Namun kegiatan tersebut sempat terganjal karena merebaknya wabah covid-19. "Saat ini kegiatan tersebut sudah  mulai kita lanjutkan,"ujarnya. 
 
 
Dia menegaskan, pihaknya nanti akan mengumumkan secara terbuka dan transparan hasil audit tersebut  ke publik agar semua pihak dapat mengetahui tentang pengelolaan dan penggunaan dana yang diperoleh dari pembayaran zakat dan penyerahan infaq umat Islam tersebut. 
 
Pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pengiriman data-data yang diperlukan sebagai bahan audit oleh lembaga auditor. Ansa'ari Margolang menambahkan pihaknya juga bersifat terbuka jika ada pihak yang ingin mengajukan permintaan audit dana BAZNAS Asahan. 
 
 
Termasuk audit dimasa pra kepemimpinannya di tahun 2011-2014 dan dimasa kekosongan kepengurusan BAZNAS Asahan tahun 2015- Maret 2019 sebelum pelantikan masa kepemimpinan BAZNAS Asahan tahun 2019-2023. 
 
"Kalau ada pihak yang minta laporan keuangan BAZNAS dimasa sebelum kepemimpinan kami diaudit, ya kita akan apresiasi itu,"pungkasnya. 
237