Home Politik Bamsoet Buka Sidang Tahunan MPR RI dengan Pantun

Bamsoet Buka Sidang Tahunan MPR RI dengan Pantun

Jakarta, Gatra.com – Sidang Tahunan Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2021 dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Pria yang kerap disapa Bamsoet ini mengisi pembukaan sidang tahunan ini dengan pantun.

“Ada burung di atas dahan, dahannya ada di pohon beringin, saya ucapkan salam pembukaan, kepada semua para hadirin,” ujar Bamsoet di Gedung DPR RI secara virtual pada Senin (16/8).

Bamsoet menyebutkan bahwa sidang ini dihadiri dari 363 anggota dari 711 anggota MPR/DPR/DPD. Anggota dalam agenda ini hadir secara fisik maupun virtual dan telah menandatangani daftar hadir.

Menurut Bamsoet, berdasarkan Pasal 66 Ayat (5) Peraturan Tata Tertib MPR dan Pasal 281 Ayat (1) dan Pasal 254 Ayat (5) Peraturan Tata Tertib DPR serta Pasal 261 Peraturan Tata Tertib DPD, sidang memenuhi syarat untuk dibuka.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrrahim, sidang paripurna dalam rangka sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dengan mendengarkan pidato presiden: penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan peringatan hari ulang tahun ke-76 kemerdekaan Republik Indoensia kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum,” ucapnya.

Bamsoet menuturkan bahwa sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD yang bisa terlaksana di tengah pandemi Covid-19 patut disyukuri. Menurutnya, sidang ini merupakan agenda kenegaraan yang penting.

Menurut Bamsoet, sidang ini merupakan konvensi ketatanegaraan yang terus dipelihara dengan baik serta memberikan warna tersendiri dalam kehidupan demokrasi dan ketatanegaraan. Selain itu, sidang ini juga menjadi forum untuk menegakkan kedaulatan rakat, mengembangkan demokrasi sekaligus menubuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara.

Bamsoet juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hadir dalam sidang. Selain itu, sidang juga dihadiri oleh pimpinan-pimpinan lembaga negara.

91