Home Teknologi Adu Kreatifitas di Indonesian Youth Robot Competition 2019

Adu Kreatifitas di Indonesian Youth Robot Competition 2019

985

Tangerang Selatan, Gatra.com – Sinar Mas Land bersama Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar kompetisi robotik terbesar di Indonesia bertajuk Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) di ICE BSD City, akhir pekan lalu. Lomba ini merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang Science Technology, Engineering, dan Math (STEM).

Kompetisi ini juga berguna untuk melatih kerja sama tim, percaya diri, serta mengasah kemampuan berpikir logis pada anak-anak. Mereka ditantang untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver. Acara ini juga menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis teknologi atau sering kita kenal dengan istilah Technopreneur.

“Teknologi merupakan salah satu fokus kami dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city. Kami tidak hanya menaruh perhatian pada teknologi itu sendiri, tapi juga pada para digital talent. Kami bangga dapat mewadahi talenta-talenta muda, dan secara garis besar menjadi tempat berkumpulnya para komunitas teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai acara di bidang teknologi,” sebut Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap dalam pernyataan yang diterima Gatra.com, Senin (15/4).

Baca Juga: Sensasi Menjadi Robot Melawan Alien di Dunia Virtual Reality

IYRC memiliki beberapa kategori unggulan seperti yang dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya. Robot Soccer merupakan kompetisi robot dimana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot. Kinder Mission adalah ketangkasan berhitung dengan cara menjawab soal matematika dengan gerakan robot.

Push Push Sumo adalah strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan cara mengeluarkan lawan dari arena lomba. Humanoid Mission Game adalah kompetisi dimana robot diwajibkan melewati rintangan trek berbahaya dan mencapai finish dengan cepat serta memindahkan benda tertentu. Creative Robot adalah lomba untuk membuat karya aplikatif berbasis robotik dengan tema pilihan juri. Selain itu, terdapat beberapa kategori baru, yaitu: IoT Games, Super Maze Solving Game, Brick Speed, Volley Ball, dan Drone Mission.

Tahun lalu, pemenang IYRC didelegasikan untuk berkompetisi di International Youth Robot Competion 2018 di Beijing, Cina. Tim yang terdiri dari empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tangerang Selatan kemudian berhasil membawa pulang dua predikat juara I (Gold Prize) dalam kategori Humanoid Mission dan Creative Design setelah bersaing dengan kompetitor dari 15 negara lain.

Baca Juga: Kanada Berkomitmen Untuk Mendorong Pembuatan Stasiun Antariksa di Bulan

Pemenang dalam kompetisi tahun ini juga akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang International Youth Robot Competition 2019 yang akan berlangsung di Korea Selatan pada 7-10 Agustus 2019 dengan peserta dari 20 negara.

“Sinar Mas Land akan terus mendukung perkembangan teknologi digital. Komitmen kami diwujudkan lebih lanjut dengan mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan yang didedikasikan untuk kemajuan ekonomi digital di Indonesia,” imbuh Irawan lagi.

Di BSD City saat ini juga sedang membangun Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 Ha yang akan dijadikan tempat berkumpulnya komunitas teknologi, digital, animasi, dunia kreatif, pusat pelatihan dan pusat inovasi seperti kawasan Silicon Valley yang berada di Amerika Serikat. Beberapa nama besar telah menunjukkan komitmennya untuk membuka kantornya di kawasan Digital Hub seperti: Apple, HuaWei, Orami Bilna, Sale Stock, dan Binar Academy.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS