Home Kesehatan Manfaat Ebikes Untuk Orang Tua

Manfaat Ebikes Untuk Orang Tua

283

London, Gatra.com- Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang dinilai dapat memberikan rasa kebebasan dan kebahagiaan. Selain itu, aktivitas ini juga bisa mengingatkan kembali siklus masa kecil dan kegembiraan di masa muda.

Media asing The Independent telah melakukan riset sederhana untuk menguji bagaimana dampak bersepeda yang sebenarnya.

Olahraga ini dinilai dapat meningkatkan fungsi mental melalui peningkatan aliran darah ke otak serta mendorong pertumbuhan kembali sel, khususnya hippocampus yang berhubungan dengan memori otak.

Dengan meminta orang dewasa berusia sekitar 50 tahun, riset ini membuktikan bahwa bersepeda dapat meningkatkan kesehatan mental.

Selama proses penelitian, para responden diminta untuk bersepeda selama delapan minggu. Mereka diberi kebebasan menggunakan sepeda konvensional atau sepeda elektrik (e-bikes).

Berdasarkan keterangan The Independent yang dipublikasikan pada Selasa (16/4), hasil riset menyebutkan bahwa responden yang menggunakan e-bikes menunjukan adanya peningkatan tren kesehatan mental.

Ada kemungkinan bahwa menggunakan e-bikes lebih menyenangkan karena lebih mudah dikendarai daripada sepeda konvensional.

Adapun, teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah ‘Tes Stroop’, yaitu mengukur kemampuan kognitif seseorang dengan tujuan untuk melihat kesimbangan otak kanan dan otak kiri.

Responden diminta untuk memperhatikan sebuah warna tinta yang bertuliskan warna lainnya. Sebagai contoh, kata "biru" dicetak dengan tinta merah.

Dengan memperlihatkan sebuah kartu yang ditulis seperti itu, responden diintruksikan untuk menyebutkan warna tintanya daripada membaca tulisannya. Tes stroop dilakukan sebelum dan sesudah dimulainya periode bersepeda selama delapan minggu.

Setelah periode berakhir, responden menjadi lebih akurat dalam menyebutkan warna tinta dan mengabaikan tulisan warna. Artinya, kesehatan mental mereka telah meningkat.

Mengingat adanya lebih dari dua juta penduduk di Inggris berumur 75 tahun yang hidup sendirian, e-bikes bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian serta memacu orang tua untuk melakukan aktivitas fisik di lingkungan luar.

Hasil yang ditemukan dalam riset sederhana ini juga nampaknya mendukung kata – kata motivasi yang diserukan Sir Arthur Conan Doyle, seorang penulis cerita fiksi berkebangsaan Inggris.

“Ketika semangat rendah, ketika hari tampak gelap, ketika pekerjaan menjadi monoton, ketika harapan hampir tidak layak untuk dimiliki, cukup pasang sepeda dan pergilah berputar-putar di jalan, tanpa memikirkan apa pun selain perjalanan yang Anda lakukan”.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS