Home Teknologi Kejayaan Berakhir, Bye BBM!

Kejayaan Berakhir, Bye BBM!

959

Jakarta, Gatra.com - Setelah Yahoo Messenger dan Google Allo, satu lagi aplikasi layanan pesan singkat akan segera ditutup. Blackberry Messenger (BBM) dipastikan akan ditutup pada 31 Mei 2019.

Mengutip dari Business Insider, PT. Elang Mahkota Teknologi (Emtek) telah menjalani aliansi strategis dengan Blackberry resmi mengumumkan pengoperasian BBM akan dihentikan.

“Industri teknologi sangat dinamis dan terlepas dari upaya substansial kami, pengguna telah pindah ke platform lain, sementara pengguna baru terbukti sulit untuk bergabung”, seperti yang tertulis dalam pengumunan resmi Emtek, Kamis (18/04).

Pengguna BBM disarankan segera mengunduh foto, video, dan file sebelum tanggal 31 Mei 2019. Tetapi mereka tidak dapat menyimpan stiker dan fitur berbayar lainnya. Setelah BBM dimatikan, pengguna tidak akan dapat melihat riwayat percakapan dan file yang telah diunggah.

BBM adalah aplikasi pesan yang pernah populer dalam beberapa tahun. Pada awalnya, aplikasi ini hanya dapat dioperasikan oleh Blackberry. Tak ingin kalah dalam perebutan pasar, Blackberry pun akhirnya membuat BBM dapat diakses pada sistem operasi smartphone lainnya seperti Android dan iOS.

Kemudian pada tahun 2016, Blackberry menandatangani kesepakatan aliansi strategis dengan Emtek untuk mengembangkan dan meluaskan jaringan BBM. Setelah munculnya berbagai aplikasi pesan seperti Whatsapp, Line, dan Wechat, BBM mulai ditinggalkan oleh penggunanya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS