Home Kesehatan Kerap Ganti Sampo Justru Tak Bermasalah untuk Kesehatan Rambut

Kerap Ganti Sampo Justru Tak Bermasalah untuk Kesehatan Rambut

693

Jakarta, Gatra.com - Beberapa orang menganggap ganti merek atau varian sampo berbahaya bagi kesehatan rambut. Meski belum bisa dibuktikan, pernyataan tersebut kerap kali diyakini sebagai penyebab utama kerusakan rambut.

Pernyataan tersebut dipatahkan oleh dokter spesialis kulit, dr. Gloria Novelita, Sp.KK. Awalnya Gloria menjelaskan, pemilihan sampo haruslah didasarkan oleh kebutuhan dan masalah rambut masing-masing.

"Kalau kira-kira kulit kepalanya sering berkeringat, gunakan untuk kesehatan kulit kepala, biasanya yang ada mentolnya. Dan fokus oleskan di kulit kepalanya," jelas Gloria selepas acara diskusi bersama produk rambut Ellips yang bertajuk 'Ellips Hair Care' di Blue Jasmine Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

Gloria memaparkan, frekuensi keramas baiknya tak dilakukan hanya karena kotornya rambut, tapi bagaimana kondisi rambut atau kulit kepala. "Jadi kalau kulit kepalanya kering-kering aja, boleh deh 2-3 kali seminggu. Kalau kulit kepalanya berminyak, berketombe, bisa bahkan harus setiap hari," kata Gloria.

Gloria menambahkan, kondisi kulit tiap orang bisa berbeda-beda tiap harinya, sesuai dengan aktivitas yang dijalankan. Hal itulah yang mendasari mengapa ganti sampo baik merek maupun varian tak bermasalah dilakukan tiap orang.

"Kondisi kulit tiap harinya bervariasi, kita harus tahu sendiri. Maka sampo bisa saja berganti-ganti, tergantung kebutuhan kulit kepala. Setelah itu gunakan conditioner," tukas Gloria.

Sebelumnya, Gloria menjabarkan sedikitnya dua cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan rambut yang rusak, yakni dengan cara internal dan eksternal.

Cara internal adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari, yang tak hanya menunjang energi tubuh namun juga bagus untuk pertumbuhan rambut.

"Beri makanan yang mengandung protein. Karena protein adalah kandungan utama keratin yang mengisi lapisan rambut atau korteks di batang rambut. Selain itu juga asupan vitamin A, B, C, dan mikronutrien. Kalau makanannya sudah bagus, kita kembali melihat perawatan rambutnya," terang Gloria.

Sementara perawatan eksternal dengan memberikan sampo yang tepat sesuai kondisi rambut, vitamin, masker, hingga penggunaan alat yang ramah pada rambut. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS