Home Ekonomi Antisipasi Lonjakan Konsumsi Ramadan, Pertamina Bentuk Satgas RAFI 2019

Antisipasi Lonjakan Konsumsi Ramadan, Pertamina Bentuk Satgas RAFI 2019

Jakarta, Gatra.com - Pertamina membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019 untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi selama Ramadan dan Lebaran. Keberadaan satgas ini menunjukkan kesiapan stok dan layanan Pertamina bagi para pelanggannya.

Berdasarkan data dari Pertamina, stok Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, Dexlite, Dex, dan Avtur per 25 April 2019 masing-masing cukup untuk 22 hari, 25 hari, 26 hari, 25 hari, 43 hari, 16 hari, dan 42 hari. Selama SATGAS RAFI 2019, Pertamina menjaga stok Premium selama 21 hari, Pertalite 21 hari, Pertamax 22 hari, Turbo 58 hari, Solar 26 hari, Dexlite 27 hari, Dex 35 hari, Avtur 48 hari, LPG 16 hari, dan minyak tanah 69 hari.

"Menurut Kemenhub akan terjadi lonjakan jumlah kendaraan pemudik sebesar 13% dibandingkan tahun lalu. Pertamina menyiapkan kenaikan sebesar 15%, sehingga pasokan BBM aman" ungkap Senior Vice President Retail Marketing Business Pertamina Jumali di Jakarta, Senin (29/4). Pihaknya, memprediksi kenaikan konsumsi LPG selama 5-8% pada periode satgas.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Mudik Gratis Untuk Masyarakat Lampung di Jakarta

Jumali menjelaskan Satgas RAFI untuk LPG dilakukan mulai H-30 hingga H+15 Lebaran. Sedangkan untuk BBM baru dimulai H-15 Lebaran. "LPG dimulai sejak H-30 karena konsumsi rumah tangga meningkat," ujarnya.

"Salah satu hal yang baru (Lebaran 2019) adalah tersambungnya Pulau Jawa oleh tol dari Barat ke Timur. Kemudian, tol Lampung juga mulai beroperasi. Sudah jadi kewajiban Pertamina untuk menyiapkan BBM," ujarnya. Pihaknya akan menambah jumlah SPBU reguler, menyiapkan 26 SPBU mobile, dan Kios Pertamina yang menyediakan Pertamax dan Pertamina Dex kemasan.

Vice President Supply and Distribution Pertamina, Fariz Aziz menjamin kecukupan stok BBM. Ia menambahkan bahwa Pertamina memiliki 111 terminal bahan bakar, 3800 mobil tangki (daya angkut 72.000 kilo liter per rit), mobil power take off (PTO) 77 unit, dan awak mobil tangki sebanyak 13.500 orang. "Untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) kami siapkan angkutan udara dan laut," ujarnya. Angkutan udara dilakukan oleh Pelita Air Service yang merupakan anak usaha Pertamina.

Baca Juga: Uji Coba Perdana Bus Elektrik, Ini Keunggulannya

Vice President Industrial Fuel Marketing, Eldi Hendry menegaskan Pertamina aviasi memiliki 60 depot pengisian udara yang siap memenuhi kebutuhan penerbangan. "Konsumsi avtur sekitar 13.000 kl/hari. Pengalaman kami, terjadi kenaikan konsumsi sebesar 5% selama Lebaran," ujarnya.

Satgas RAFI juga akan melakukan perbaikan mushola, mengadakan Bareng-Bareng Mudik (BBM), berbagi takjil, dan membuka Serambi Pertamax bagi para pemudik yang ingin istirahat. Untuk memudahkan pelanggan, Pertamina menyediakan tim contact center posko-posko Satgas RAFI dan bekerjasama dengan LinkAja, My Pertamina, dan kartu Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

 

923