Home Gaya Hidup Masjid Baru di Pantai Muaro Padang Terancam Gerusan Ombak

Masjid Baru di Pantai Muaro Padang Terancam Gerusan Ombak

Padang, Gatra.com - Bangunan masjid baru di Pantai Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terancam gerusan ombak jika tidak dipasangi tembok penahan ombak atau sea wall. Dikarenakan, sebagian pagar masjid bagian belakang sudah ambruk dihantam ombak, padahal pengerjaannya belum sepenuhnya rampung.

Asisten ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Hermen Peri mengatakan, kerusakan pada sebagian pagar masjid karena belum adanya tembok laut penahan ombak.

"Solusinya harus dibangun tembok ombak atau 'ground T' agar fondasi masjid tidak tergerus ombak," ujarnya di Padang, Kamis (11/7).

Baca juga: Ratusan Bagan di Danau Singkarak Akan Dibongkar 15 Juli

Dia katakan, meskipun kerusakan belum terlalu parah, namun lama-kelamaan tidak akan kuat menahan ombak, terutama saat pasang. Apalagi fondasi pagar tersebut tidak terlalu dalam, sehingga akan sangat mudah rusak.

"Terkait pembangunan tembok penahan ombak ini akan kami coba koordinasikan dengan kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai," sebut dia.

Baca juga: Masjid Sriwijaya Palembang Terkendala Lahan

Menurutnya, pembangunan tembok laut bukan saja karena mengancam masjid dari gerusan ombak, tetapi guna menghambat laju abrasi di sepanjang Pantai Padang. Terutama Pantai Padang di sebelah utara (Muaro Lasak dan Cimpago) yang sangat riskan digerus abrasi.

"Semoga pembangunan tembok penahan ombak itu bisa terlaksana," singkatnya.

2014