Home Politik Pembangunan Gedung Baru DPRD Jateng Dikerjakan 2019

Pembangunan Gedung Baru DPRD Jateng Dikerjakan 2019

Semarang, Gatra.com - Pekerjaan pembangunan gedung baru DPRD Jawa Tengah yang  tertunda  akan  dilaksanakanpada 2019.

Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng), Rukma Setyabudi, mengatakan, pembuatan detail engineering design (DED) gedung baru  sudah rampung. “Tahun ini (2019) akan dimulai pekerjaan pembangunan gedung baru DPRD Jateng,” katanya kepada wartawan di Semarang, Senin (15/7).

Gedung baru tersebut, menurut Rukma, akan dibangun tujuh lantai guna mendukung kinerja DPRD yang bertambah dari semula 100 orang menjadi 120 orang pada periode 2019-2024.

Hal ini karena gedung DPRD Jateng yang lama empat lantai sudah tidak memungkinan untuk ditempati sebanyak 120 anggota legislatif. “Gedung dewan lama tidak diambrukan, tetap dipertahankan. Lokasi gedung baru bersebelahan gedung lama,” ujar Rukma.

Mengenai anggaran dana pembangunan gedung baru itu, politikus dari PDIP ini mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah nominalnya.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Jateng Bidang Pemerintahan, Amir Darmanto, menyatakan bahwa pemerintah pusat telah memberikan persetujuan pembangunan gedung baru DPRD Jateng. “Diharapkan pembangunan gedung baru  rampung pada 2020,” kata dia.

Pembangunan gedung baru,  kata Amir, sudah mendesak dilakukan karena anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 bertambah menjadi 120 orang dari semula 100 orang.

Seperti diketahui, pembangunan gedung baru DPRD Jateng rencananya dibangun pada 2016 dengan anggaran senilai Rp12 miliar. DPRD Jateng sudah membuat maket gedung baru yang dipajang di ruang lobi gedung DPRD Jateng di Jalan Pahlawan Semarang.  Namun, kebijakan pemerintah pusat waktu itu,  tidak memperbolehkan pembangunan gedung-gedung baru, sehingga dibatalkan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sebelumnya telah menyetujui usulan rencana pembangunan gedung baru DPRD Jateng karena kapasitas gedung yang sekarang  tidak mencukupi untuk mendukung kerja anggota dewan.

 

63