Home Gaya Hidup Bekraf Dukung Desainer Kreatif Tanah Air Melalui Orbit 2019

Bekraf Dukung Desainer Kreatif Tanah Air Melalui Orbit 2019

Jakarta, Gatra.com - Upaya mendukung para desainer kreatif Tanah Air dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan menghadirkan Orbit 2019. Ajang ini menjadi wadah bagi para desainer muda di Indonesia (berusia maksimal 35 tahun), untuk mengembangkan potensi kreatifnya lewat berbagai program pelatihan yang ditawarkan.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik menganggap Orbit sebagai upaya pemerintah dalam mencetak pelaku kreatif profesional yang mampu berkompetisi secara global.

"Sektor ekonomi kreatif (ekraf) berbasis pada kemampuan manusianya, karena itu kita membutuhkan program yang bisa melahirkan talenta-talenta berbakat ini. Karena pemerintah senantiasa membantu mempromosikan, dan memudahkan generasi muda dalam mengembangkan potensi kreatifnya," ujar Ricky dalam jumpa pers Orbit di kawasan Jakarta Pusat, Jumat sore (2/8).

Peserta yang berminat bisa mengirimkan contoh hasil karya dan data diri melalui laman orbit.bekraf.go.id sebelum 22 September 2019. Tahun ini, Orbit akan mengambil 15 desainer bertalenta dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain mendapatkan sertifikat penghargaan, para desainer terpilih juga berhak mendapat fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pendampingan dan pelatihan berkelanjutan, publikasi dan kesempatan terlibat dalam kegiatan Bekraf, hingga magang di luar negeri serta studi banding internasional.

Ricky menambahkan, Bekraf telah membidik Inggris sebagai salah satu negara yang akan menjadi tempat magang para peserta yang lolos.

Beberapa fokus desain yang termasuk dalam program Orbit 2019 yakni arsitektur, desain interior, desain fesyen, desain komunikasi visual, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil, kriya, dan lanskap.

 

156