Home Ekonomi Menlu: Presiden Jokowi Harapkan Diaspora Bantu Pengembangan SDM

Menlu: Presiden Jokowi Harapkan Diaspora Bantu Pengembangan SDM

Jakarta, Gatra.com - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Jokowi di beberapa kesempatan menyampaikan dukungannya kepada diaspora sebagai percepatan pembangunan Indonesia.
 
"Jadi aspirasi teman-teman (diaspora) akan kita catat dan lanjutkan agar dapat bersinergi ke depannya," ujarnya saat Kongres Diaspora Indonesia ke-5 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8).
 
Menurutnya Presiden Jokowi juga telah meminta pemerintah Malaysia untuk mengizinkan Community Learning Center (CLC). Kebijakan CLC itu digagas untuk pemenuhan hak pendidikan. 
 
"Kebijakan CLC ini juga menjadi perhatian bagi diaspora Indonesia. Selain itu juga united stand terutama untuk melawan diskriminasi," katanya.
 
Melalui hal tersebut, lanjut Retno, pemerintah akan memberikan prioritas sumber pada pembangunan SDM di Indonesia. Sebab menurutnya pembangunan SDM akan menjadi kunci pembangunan Indonesia ke depan.
 
Retno berharap penyelenggaraan Kongres Diaspora Indonesia ke-5 ini dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam penguatan SDM Indonesia yang unggul.
 
"Mari kita bersatu untuk kebaikan kita, keluarga, bangsa Indonesia dan dunia. Diaspora, you are the treasure of Indonesia," ucapnya.
146