Home Kebencanaan YARA Somasi Plt Gubernur dan DPRA Bangun Terowongan Geurutee

YARA Somasi Plt Gubernur dan DPRA Bangun Terowongan Geurutee

284

Banda Aceh, Gatra.com - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) meminta kepada Pemerintah dan DPR Aceh untuk memperioritaskan pembangunan terowongan di Gunung Geurutee, yang berjarak sekitar 66 km arah barat daya ibu kota Banda Aceh. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat di wilayah barat dan selatan Aceh melakukan aktivitasnya. Terlebih ini merupakan rute ramai menuju ibu kota Aceh Barat, Meulaboh.

Selama ini, saat masyarakat barat-selatan akan ke Banda Aceh selalu was-was ketika melewati jalan di Gunung Geurutee. Kondisi jalan di sana sempit dan langsung berdampingan dengan jurang yang dalam. Jalan itu dinilai sudah tidak layak di lalui dengan jumlah dan bobot kendaraan yang lewat. Alhasil, daerah ini rawan kecelakaan lalu lintas.

Somasi terhadap Plt Gubernur dan Dewan tersebut dilakukan oleh para Kepala Perwakilan YARA agar pihak eksekutif dan legislatif memprioritaskan pembangunan terowongan Gunung Geurutee. Diharapkan paling lambat sudah masuk dalam perencanaan di APBA Perubahan 2020.

Baca Juga: Longsor di Tambang Emas, 16 Orang Ditemukan Tewas

"Kami minta kepada Plt Gubernur dan DPRA untuk segera membangun terowongan jalan di Gunung Geurutee. Karena jalan di Gunung Geurutee merupakan urat nadi lalu lintas bagi masyarakat barat-selatan," kata Kepala Perwakilan YARA Aceh Barat dan Aceh Jaya, Hamdani di Banda Aceh, Selasa (15/10).

Sebelumnya, terjadi kecelakaan satu mobil pick-up yang membawa rombongan lebaran di Geurutee pada Juni lalu. Terbaru, kemarin area tebing longsor sehingga menutupi badan jalan dan tidak bisa dilewati. Untung saja saat kejadian, tak ada kendaraan yang melintas.

Kepala Perwakilan YARA Aceh Barat Daya (Abdya), Miswar mendesak Anggota DPR Aceh dari Barat-Selatan untuk aktif memperjuangkan pembangunan terowongan Gunung Geurutee. Sebab terowongan itu meupakan aspirasi dari masyarakat Barat-Selatan. "Kami menunggu kinerja perwakilan Barat-Selatan di DPRA," ucapnya.

Baca Juga: Pengemudi Truk Kecelakaan Beruntun di Padang Panjang Kabur

Senada dengan itu, Edi Saputra dari Perwakilan YARA Subulussalam mengingatkan kepada Pemerintah Aceh dan DPRA bahwa kabupaten/kota di Barat-Selatan perlu pemerataan pembangunan dan akses infrastruktur seperti kabupaten dan kota lain di Aceh. Terowongan Gunung Geurute menjadi harapan bagi masyarakat Barat-Selatan. 

Sementara bagi masyarakat Simeulue yang tinggal di pulau, lintasan Gunung Geurutee menjadi momok saat ingin ke Banda Aceh. Tapi tidak ada pilihan karena itu satu-satunya jalan paling dekat menuju ibu kota provinsi. "Kami dari Pulau Simeulue meminta agar dibangun terowongan jalan di Gunung Geurutee. Supaya saat kami ke Banda Aceh maupun pantai timur Aceh, dapat melawati gunung Geurutee dengan aman dan nyaman," kata Ugek dari YARA Simeulue.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS