Home Olahraga Jadi Tercepat, Pembalap Filipina Juarai Etape 3 TdS 2019

Jadi Tercepat, Pembalap Filipina Juarai Etape 3 TdS 2019

Padang Panjang, Gatra.com - Pembalap Go For Gold, Grospe Ismael Jr, berhasil melaju sebagai tercepat sampai ke garis finish pada etape 3 Tour de Singkarak (TdS) 2019, Senin (4/11) di Padang Panjang. Rider asal Filipina ini finish dengan catatan waktu selama 3 jam 16 menit 14 detik. Dia bersamaan dengan pembalap asal Indonesia, Suryadi Bambang dari PGN Road Cycling Team, dengan catatan waktu yang sama.

Keduanya masuk pada garis finish secara bersamaan meninggalkan pembalap Kurniawan dari Banyuwangi Road Cycling Community yang menempati posisi ketiga dengan selisih waktu hanya 4 detik saja.

Menjelang garis akhir, enam pembalap berhasil memisahkan diri dari rombongan besar. Hingga akhirnya dua pembalap (Grospe dan Suryadi) menggenjot lebih cepat dan meninggalkan empat Rider di belakang mereka.

Baca Juga: Kesenggol Sesama Pembalap, Jamshidin Ghalehsefidi Masuk IGD

Selain finish di posisi terdepan, Grospe berhasil mematahkan rekor Jesse Ewart, sang juara secara berturut-turut di dua etape sebelumnya. Pada etape yang mengambil rute Kabupaten Limapuluh Kota - Kota Padang Panjang ini, Ewart tumbang. Ia hanya mampu finish pada urutan ke-26 dengan catatan waktu 3 jam 16 menit 56 detik.

Persaingan mulai sengit dan ketat pada etape ini, terlihat dari adanya wajah-wajah baru menaiki podium. Ditambah lintasan pada stage 3 lebih panjang dibandingkan dua etape sebelumnya, dengan titik Sprint dan King of Mountain, masing-masing sebanyak tiga titik.

Grospe Ismael juga berhasil menduduki Best Climber Classification atau raja tanjakan dan mengenakan Polka Dot Jersey, dengan jumlah poin sebanyak 44 poin.

Dalam balapan yang memiliki panjang lintasan 129.9 kilometer ini, Suryadi Bambang berhasil mengenakan Red-White Jersey, menggeser posisi Firdaus Ahmad Yoga Ilham yang tak lain merupakan rekan setimnya dan mengunci gelar juara untuk kategori Best Indonesia Rider.

Baca Juga: Ewart Jesse Masih Kuasai Tour de Singkarak 2019

Hingga etape ke-3 ini, Go For Gold Philippines bertengger di posisi pertama pada kategori Stage Team Classification dengan total catatan waktu 9 jam 49 menit 50 detik. Disusul, selisih 16 detik dari PGN Road Cycling Team dan selisih 20 detik dari Banyuwangi Road Cycling Community.

Sementara untuk kategori Team General Classification by time, Team Sapura Cycling di urutan pertama dengan catatan waktu 26 jam 19 menit 36 detik. Disusul Go For Gold Philippines di urutan kedua dengan total waktu 26 jam 20 menit 5 detik dan selisih 54 detik dari PGN Road Cycling Team di tempat ketiga.

Sebelumnya, 94 pembalap yang tersisa pada etape ke-3 ini dihadapkan dengan medan lintasan yang cukup berat. Karakteristik lintasan yang didominasi pendakian dan tikungan yang cukup tajam, membuat para pembalap sedikit kewalahan. 

287