Home Milenial Bersih Harus Menjadi Budaya Warga Medan

Bersih Harus Menjadi Budaya Warga Medan

Medan, Gatra.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menegaskan bahwa pola hidup bersih dilingkungan masyarakat harus menjadi budaya. Budaya bersih tersebut harus dimulai dari lingkungan sekolah dan pendidikan.

Akhyar Nasution mengatakan bahwa pola hidup bersih tersebut merupakan kebutuhan dalam keharmonisan hidup masyarakat dengan alam. Masyarakat harus menyadari bahwa hidup bersih untuk kenyamanan hidup.

Baca Juga: Medan Siap Terapkan Kebijakan Nadiem

“Bahkan dalam agama mengajarkan itu, secara khusus dalam ajaran Islma dan budayanya sudah menerapkan itu. Karena itu kita harus hidup bersih dan menyadari bahwa hidup bersih itu untuk kita juga,” katanya, Kamis (19/12).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut mengatakan bahwa budaya bersih tersebut harud ada dalam diri masing-masing warga. Karena sangat tidak baik jika hidup dengan sampah.

Baca Juga: Tidak Ada Pengistimewaan untuk Bobby Nasution di PDIP

“Mengatasinyakan mudah, tidak harus pake rumus, tidak perlu rumus, sampah itu hanya butuh diwadahi dan dibuang pada tempatnya. Nanti ada petugas yang menanganinya. Ini yang harus kita perbaiki. Sampah kita adalah tanggungjawab kita,” jelasnya.

Alasan itu menurut Akhyar Nasution dikampanyekan program “LISA” yang memiliki arti, Lihat Sampah Ambil. Istilah itu populer dari salah satu sekolah yang pernah dikunjunginya. Serta harus dikampanyekan seluruh sekolah yang ada di Medan.

Baca Juga: Cara Kerja Birokrasi di Sumut Harus Diubah

“Kita cegah, dan kurangi produksi sampah. Karena dampak sampah di Medan ada pada warga Belawan. Karena sampah dari kota terbawa ke Belawan. Bersih itu bukan sekedar slogan tetapi juga kewajiban,” jelasnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Masrul Badri,M.PSi, mengatakan seluruh sekolah di Medan sudah menerapkan pola hidup bersih. Budaya bersih itu merupakan keseharian yang harus dilakukan secara menyeluruh. Terlebih dilingkungan pendidikan yang merupakan tempat menerapkan budaya.

Masrul mengatakan bahwa apa yang diharapkan Plt Walikota Medan, Akhyar Nasuiton merupakan hal penting dalam membangun kehidupan yang baik. Karena itu sekolah memiliki peran yang sangat penting juga untuk membudayakan pola hidup bersih.