Home Olahraga Bob Hasan Raih Penghargaan Pembina Olahraga Terbaik 2020

Bob Hasan Raih Penghargaan Pembina Olahraga Terbaik 2020

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Indonesia kembali memberikan penghargaan kepada mantan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), almarhum H. Mohammad Hasan. Kali ini, Pemerintah menobatkan almarhum sebagai Pembina Olahraga Terbaik 2020.

Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada almarhum yang akrab disapa Bob Hasan tersebut dalam acara yang dihelat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta pada Minggu (13/9).

Selain Bob Hasan, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada lebih dari 72 orang pelaku olahraga lainnya, mulai dari atlet, pelatih, pembina olahraga, guru, dosen hingga wartawan.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, dalam sambutannya, mengatakan, penghargaan yang diberikan tidak hanya karena prestasi olahraga yang dihasilkan tapi juga telah membudayakan olahraga kepada masyarakat.

Seperti diketahui, almarhum Bob Hasan merupakan Bapak Atletik Indonesia. DIa mencetak sejumlah atlet atletik ternama Tanah Air. Terakhir, dia berada di balik kesuksesan atlet muda berprestasi asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Zohri.

Meski usia yang tidak muda lagi, Bob Hasan tak pernah kehabisan semangat untuk membawa cabang olahraga atletik Indonesia mendunia. Bahkan, hingga tutup usia, dia menjabat sebagai Ketua Umum PASI.

Bob Hasan tak jarang membiayai kebutuhan organisasi yang dipimpinnya, termasuk para atlet dari dana pribadinya. Pebisnis ini bisa mengeluarkan hingga Rp10 miliar dari kantongnya untuk membiayai organisasi dan atlet.

Dana tersebut juga digunakan untuk melakukan pencarian bakat atlet muda sampai ke pelosok Tanah Air. Talenta berbakat yang berhasil lolos seleksi diberi pelatihan, biaya akomodasi, dan biaya hidup untuk pelatihan khusus di Jakarta.

Nama-nama seperti Muhammad Zohri, Emilia Nova hingga Maria Londa yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah atletik dunia adalah bukti kesungguhan cinta Bob Hasan pada dunia atletik Indonesia.

295