Home Ekonomi Harga Minyak Diprediksi ke Level US$50 Kuartal III 2021

Harga Minyak Diprediksi ke Level US$50 Kuartal III 2021

Jakarta, Gatra.com- Seiring dengan hadirnya vaksin Covid-19 di Indonesia, Direktur Utama PT Medco Energi International, Hilmi Panigoro memprediksi harga minyak mentah pada kuartal III 2021 mendatang akan kembali berada pada level US$50 hingga US$60 per barel.

"Vaksin beres dan mulai full demand akan balik lagi (harga minyak mentah-red) pada kuartal III 2021. Harga bisa balik, mungkin US$50 hingga US$60 per barel," kata Hilmi dalam Media Gathering virtual Medco Energi, Selasa (8/12).

Dikatakan Hilmi bahwa pandemi Covid-19 memang telah membuat permintaan minyak turun antara 30% hingga 60%. Sehingga membuat bisnis minyak dan gas tertekan akibat permintaan yang berkurang.

Dalam hal ini, Hilmi menyebut harga minyak mentah dikisaran US$50 per barel adalah harga yang ideal. “Asal distribusi vaksin virus corona lancar, permintaan bisa balik lagi,” ungkapnya.

Adapun saat ini, harga minyak mentah jatuh dengan rerata di bawah US$40 per barel. "Saya berharap harga minyak sekitar US$50 per barel. Itu bagus buat kami dan bagus buat konsumen," ujarnya.

Hilmi menyebutkan bahwa rendahnya harga minyak dan permintaan akibat pandemi juga berdampak terhadap operasi dan kinerja Perseroan. Meski demikian, berdasarkan data per 30 Juni 2020, produksi tahunan Medco mencapai 100–105 mboepd, dimana porsi gas mencapai 60%

Akan tetapi, lanjut dia, fokus utama perusahaan adalah menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja dan kontraktor. "Perseroan dengan cepat menyesuaikan target operasi serta pola kerja baru di masa new normal sehingga tetap mampu beroperasi dengan baik tanpa gangguan," pungkas Hilmi.

68