Home Info Satgas Covid-19 Pemkab Berencana Jadikan RSUD Cilacap jadi RS Khusus Covid-19

Pemkab Berencana Jadikan RSUD Cilacap jadi RS Khusus Covid-19

Cilacap, Gatra.com– Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berencana menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap jadi RS khusus Covid-19. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Cilacap, M Wijaya mengatakan langkah itu dilakukan lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi usai lebaran dan belum terkendali hingga saat ini.

Wijaya mengatakan, Cilacap memiliki 10 RS rujukan Covid-19, dengan jumlah tempat tidur khusus Covid-19 mencapai 740-an unit. Jika Bed Occupancy Ratio (BOR) semakin tinggi, maka langkah cepat harus dilakukan agar pasien Covid-19 bisa tertangani dengan baik. “Ada kemungkinan, jika pasien Covid-19 membludak, RSUD Cilacap itu akan diubah menjadi RS khusus Covid-19,” katanya, Selasa (29/6).

Kata dia, opsi pertama adalah mengubah RSUD Cilacap jadi RS khusus Covid-19. RSUD Cilacap tidak akan menerima pasien non-Covid-19 dan menggunakan seluruh ruangan dan fasilitasnya untuk penanganan Covid-19. "Kalau sampai tidak terkendali, RSUD Cilacap itu tidak akan menerima pasien umum. RSUD rencananya untuk pasien Covid-19 semuanya,” kata Wijaya.

Jika masih kekurangan juga, maka Pemkab akan menyewa sebuah tempat, bisa hotel atau fasilitas asrama lainnya, sebagai tempat perawatan dan isolasi pasien Covid-19. Sedangkan penanganan akan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari RSUD Cilacap. “Bisa hotel. Atau tempat memungkinkan. Nanti akan dikoordinasikan dengan RSUD Cilacap,” ucap dia.

Wijaya mengemukakan, selain penanggulangan, upaya preventif juga terus dilakukan. Di antaranya, dengan menugaskan setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) atau kepala dinas untuk mendampingi sebuah wilayah kecamatan. Dengan begitu, maka pencegahan dan penanganan di sebuah wilayah akan lebih intensif. “Langsung kita terjun lapangan, koordinasi dengan Pak Camat, koordinasi dengan Kepala Puskesmas, dengan Satgas Covid-19 di kecamatan,” tandasnya.

Sementara, data Satgas Covid-19 Cilacap, pada Selasa (29/6/2021), jumlah kasus aktif Covid-19 mencapai 2.250, atau bertambah 177 kasus dibanding hari sebelumnya. Itu artinya, per hari penambahan kasus Covid-19 lima kali lipat dibanding masa lebaran dan sebelumnya. Adapun jumlah total kasus Covid-19 di Cilacap mencapai 16.073. Rinciannya, sebanyak 13.177 orang sembuh dan 646 lainnya meninggal dunia.