Home Internasional Evakuasi Kabul Dejavu Amerika Keluar dari Saigon Vietnam 1975

Evakuasi Kabul Dejavu Amerika Keluar dari Saigon Vietnam 1975

Kabul, Gatra.com- Ribuan tentara AS yang dikirim ke Afghanistan untuk mengevakuasi staf kedutaan dari Kabul saat Taliban mendorong ke arah kota telah menghidupkan kembali ingatan tentang jatuhnya Saigon. Al Jazeera, 13/8.

Sebuah foto yang mengabadikan kekalahan Amerika di Vietnam, menunjukkan para pengungsi menaiki helikopter di atap sebuah gedung, menyebar dengan cepat di jejaring sosial setelah AS mengumumkan pengerahan darurat pada Kamis.

"Berita terbaru tentang penarikan lebih lanjut di kedutaan kami dan pengerahan pasukan militer yang tergesa-gesa tampak seperti persiapan untuk jatuhnya Kabul," kata legislator terkemuka dari Partai Republik, Mitch McConnell.

“Keputusan Presiden (Joe) Biden membuat kita bergegas menuju sekuel yang lebih buruk dari kejatuhan Saigon yang memalukan pada tahun 1975.”

Kembali pada bulan Juni, ketika Taliban membangun momentum, Biden sendiri membahas persamaan Saigon dan mengabaikannya. "Tidak akan ada situasi di mana Anda akan melihat orang-orang diangkat dari atap kedutaan besar Amerika Serikat dari Afghanistan," katanya.

Pada bulan yang sama, Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley juga menolak perbandingan dengan keluarnya Saigon secara putus asa. "Saya tidak melihat itu terjadi," kata Milley.

“Saya mungkin salah, siapa tahu, Anda tidak bisa memprediksi masa depan, tapi saya tidak melihat Saigon 1975 di Afghanistan. Taliban bukan Tentara Vietnam Utara. Ini bukan situasi seperti itu.”

Untuk melakukan evakuasi staf Amerika dari kedutaan besarnya di Kabul, 3.000 tentara AS akan mengamankan bandara, 1.000 akan dikirim ke Qatar untuk dukungan teknis dan logistik, sementara 3.500 hingga 4.000 akan ditempatkan di Kuwait untuk dikerahkan jika diperlukan.

Pada hari Kamis, para pejabat AS bergegas untuk menjawab pertanyaan tentang misi tersebut, dengan juru bicara Pentagon John Kirby menolak untuk menggambarkannya sebagai "NOE" (Operasi Evakuasi Nonkombatan).

Dia menunjukkan itu tidak memiliki nama, dan menghindari berbicara tentang evakuasi. Misi NOE yang paling terkenal adalah Operasi Frequent Wind, di mana lebih dari 7.000 warga sipil Vietnam dievakuasi dari Saigon pada 29 dan 30 April 1975 dengan helikopter.

Ditanya tentang citra diplomat Amerika yang berangkat di bawah perlindungan militer dan perbandingan yang tak terhindarkan dengan jatuhnya Saigon, Kirby mencoba menggarisbawahi perbedaannya. “Kami tidak sepenuhnya menghilangkan kehadiran diplomatik kami di lapangan,” katanya.

“Tidak ada yang meninggalkan Afghanistan, itu tidak berjalan menjauh darinya. Itu melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat untuk melindungi orang-orang kita.”

Taliban pada hari Jumat merebut kota kedua Afghanistan Kandahar, mengakhiri serangan delapan hari yang hanya menyisakan ibu kota dan kantong-kantong wilayah lain di tangan pemerintah bentukan barat.

1026